PENGARUH DISTANCE LEARNING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DITINJAU DARI TEORI BEHAVIORISME DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Abstract
Pembelajaran jarak jauh (distance learning) adalah proses pembelajaran yang dilakukan tidak dalam bentuk tatap muka antara pendidik dan peserta didik. Kehadiran distance learning memberikan dampak pada interaksi sosial yaitu antara pendidik dan peserta didik. Interaksi sosial sendiri merupakan suatu interaksi antara satu individu ke individu lain, individu dengan kelompok dan kelompok ke kelompok lain. Adapun dampak sosial terhadap interaksi sosial yang dapat ditinjau dari teori behaviorisme dalam kondisi pandemi covid-19 ini yang sangat mempengaruhi interaksi sosial di kalangan mahasiswa universitas muhammadiyah Makassar itu sendiri, dalam teori ini mengkaji tentang bagaimana kondisi sosial sangat mempengaruhi keberhasilan belajar manusia. Kegiatan yang mulanya dilakukan dengan tatap muka beralih ke dalam jaringan. Fenomena di dunia pendidikan ditingkat pendidikan untuk perguruan tinggi sudah dilaksanakan oleh perguruan tinggi negeri ataupun swasta sehingga hal tersebut memiliki impact terhadap pola interaksi sosial mahasiswa universitas muhammadiyah makassar dalam pelaksanaan pembelajaraan jarak jauh. Adapun jenis penelitian yang gunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu 50 responden dari universitas muhammadiyah makassar, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan distance learning terhadap interaksi sosial dikalangan mahasiswa universitas muhammadiyah makassar dimana Rhitung > Rtabel. Dari hasil perhitungan Thitung sebesar 2,969 lebih besar dibandingkan dengan Ttabel (db= 48) yaitu 2,01063 taraf signifikan 5%. Berdasarkan perhitungan dan pengambilan keputusan, dapat disimpulkan bahwa variabel X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Hasil pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa terdapat pengaruh signifikan antara distance learning terhadap interaksi sosial dikalangan mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
Asfar, A. M. I. A dan Halamury, M. F. 2019. Teori Behaviorisme. Makasar: Program Doktoral Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar .
Aswat, H.dkk . 2021. Implikasi Distance Learning di Masa Pandemi COVID 19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 5 (2) : 761-771.
Bali, M. M. E. I. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam. 3 (1): 29-40.
Harlan, J. 2018). Analisis Regresi Linear.Cetakan ke-1. Gunadarma, Yogyakarta.
Mukhtar, A. S dkk. 2021. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Mi Di Masa Pandemi Era Disrupsi (Studi Kasus di MI Tarbiyatus Shibyan Kemantren Paciran Lamongan). JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2) :56-66.
Muninggar, A. M. dkk. 2021. Dampak Disrupsi Pendidikan Karena Pandemi Covid-19 Di Sma Muhammadiyah 2 Pemalang. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1) :65-76.
Putri, M. C. dan Sinaga, E. M. C. 2021. Disrupsi Digital Dalam Proses Penegakan Hukum Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 10(1) :79.
Salsabila, U. H. dkk.2020. Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01) :104- 112.
Sugiyono. 2015. Memahami penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Cetakan ke-28. Alfabeta, Bandung.
Suhendra, M. 2021. Peran Guru dalam Menstimulus Respon Siswa melalui Teori Belajar Behavioristik. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(1) : 47-55.
Yuliarti, M. S. 2020. Interaksi Sosial dalam Masa Krisis: Berkomunikasi Online Selama Pandemi COVID-19. Prosiding Nasional Covid-19, 15-20
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v8i2.6693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats