IDENTIFIKASI KETIDAKSESUAIAN PEMANFAATAN RUANG UNTUK KAWASAN PERMUKIMAN PADA BANGUNAN RUMAH SARANG WALET DI KOTA WATAMPONE

nur Rezki Amalia, Nurjannah Nurjannah, Windy Cahyana

Abstract


Burung walet merupakan salah satu dari beberapa jenis burung yang mampu menghasilkan produk berupa sarang. Tingginya tingkat permintaan pasar dunia terhadap sarang burung walet untuk Indonesia sehingga banyak yang membudidayakannya. Maraknya pembudidayaan burung walet dengan membangun rumah walet mengakibatkan perubahan lahan di perkotaan, kawasan yang diperuntukkan hanya sebagai pemukiman tapi mengalami fungsi ganda. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kota Watampone sudah tidak sesuai dengan pemanfaatan ruang dikarenakan banyaknya sarang burung walet yang berdekatan dengan tempat ibadah, sarana pendidikan, fasilitas layanan publik dan banyaknya sarang burung walet yang saling berdekatan. Penyebab ketidaksesuai dikarenakan di Kota Watampone peraturan tentang burung walet belum dikeluarkan ditambah tidak ada pajak burung walet. Meskipun demikian masyarakat tidak berani komplen karena saling menghargai.


Full Text:

pdf

References


Ardo, M. H. 2017. Pengaruh Pemberian Ekstrak Air Sarang Burung Walet Putih Terhadap Aktivitas Enzim Katalase Pada Tikus Putih Jantan Galur Sprague Dawley. Fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Arifin, dan R. Cahyadi. 2019. Pengelolaan Laboratorium Otomotif Jurusan Teknik Mesin Politekniknegeri Banjarmasin Terhadap Polusi Udara Dan Suara. Integrated Lab Journal. 7(2):80-86.

Aulia, S. R., A. Sasmita ., dan S. Elystia. 2019. Analisis Kebisingan Dari Kegiatan Penangkaran Burung Walet Di Keluraan Bagan Kota Kabupaten Rokan Hilir Dengan Metode Noise Mapping. JOM FTEKNIK.6(1):1-5.

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan. 2018. Kabupaten Bone. http://sulselprov.go.id/pages/des_kab/3. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2021 (08:53).

National Institute Occupational Safety and Health. 2018. Occupational Hearing Loss Surveillance, OHL. https://www.cdc.gov/-niosh/topics/ohl/ove- rall.html. Diakses pada tanggal 8 Juli 2021 (00:26).

Nuryati. 2020. Upaya Penegakkan Hukum Terhadap Sarang Burung walet Yang Tidak Memiliki Izin Di Palangkaraya (Studi Implementasi Peraturan daerah Kota Palangkaraya Nomor 12 Tahun 2011). Fakultas Syariah, IAIN University, Palangka Raya.

Sari, R. P. 2013. Persepsi masyarakat Terhadap Keberadaan Penangkaran Burung Walet di Kelurahan Macege kecamatan Tanete riattang Barat Kabupaten Bone. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sirenden, M. T., D. Puspita, S. Monang, F. Nugrahani, dan N. Retnowati. 2018. Analisis Profil Makronutrien Dan Kandungan Nitrit Pada Bagian Sarang Burung Walet Aerodramus Fuciphagus. Inovasi Pangan Local Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. 28 April 2018. Yogyakarta. Indonesia. pp.101-106.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, E. 2018. Pengaturan Terhadap Pembangunan Gedung Sarang Burung Walet Di Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Morality. 4(1):35-46.

Yusuf, A., Warto, N., dan Pertiwi, D. 2017. Perbedaan Tingkat Konstentrasi Belajar Siswa Antara Kebisingan Linngkungan Sekolah SDN 03 Alai Dan SD Pertiwi 3 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 6(3):484-489.

Zuhra, F. 2019. Pengaruh Kebisingan Terhadap Status Pendengaran Pekerja Di PT. KIA Keramik Mas Plant Gresik. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v8i2.6683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats