FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA (STUDI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERISTAS NEGERI MAKASSAR)

Nurhaeni Nurhaeni, Agus Syam, Marhawati Marhawati, Muhammad Rakib, Thamrin Tahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi dalam berwirausaha dan faktor dominan yang memengaruhi dalam berwirausaha pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis penelitian kualitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis penelitian fenomenologi. Penelitian fenomenologi bertujuan untuk menggambarkan bagaimana dampak wirausaha terhadap mahasiswa Universitas Negeri Makassar pada Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Berwirausaha Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data verifikasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi dalam berwirausaha adalah faktor keterampilan, lingkungan dan ekonomi. Dari ketiga faktor tersebut faktor keterampilan yang paling mempengaruhi dalam berwirausaha.

.

Kata Kunci: Berwirausaha,Faktor-faktor yang memengaruhi dalam berwirausaha

 


Full Text:

PDF

References


Buchari Alma, (2006) “Pemasaran Dan Pemasaran Jasa”, Alfabeta, Bandung

Budiati, Y., Yani, T. E., & Universari, N. (2012). Minat mahasiswa menjadi wirausaha (studi mahasiswa fakultas ekonomi universitas Semarang. Jurnal




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v8i1.5261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats