WOMEN PROTECTING SYSTEM ( WPS ): APLIKASI DIGITAL START UP PELINDUNG DARI KEKERASAN DAN KEJAHATAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN

Delila Putri Sayadi, Muhammad Iqbal Khatami, Arifia Kasastra R

Abstract


Kasus kekerasan, kejahatan, dan pelecehan seksual pada perempuan semakin hari semakin meningkat. Segala upaya untuk mengurangi jumlah kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan sudah banyak dilakukan. Namun, kasus kekerasan dan pelecehan tersebut justru tetap banyak terjadi. Seiring dengan hadirnya Revolusi Industri 4.0 menjadi sebuah kesempatan dan tantangan untuk Indonesia, terlebih untuk generasi milenial dalam menciptakan inovasi untuk mengatasi permasalahan yang ada. Berdasarkan urgensi permasalahan terhadap kasus kekerasan dan pelecehan pada perempuan yang semankin meningkat, Penulis memberikan solusi inovasi sebagai upaya untuk mengurangi serta melindungi dari kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap perempuan. Inovasi yang penulis tawarkan berupa aplikasi start up yang bisa diunduh oleh semua orang melalui gawai dengan metode sensor suara yang dapat terhubung secara langsung dengan lembaga keamanan, pemerintahan serta Non Government Organization (NGO) yang bersangkutan. Aplikasi ini dilengkapi dengan sensor suara dan alarm yang berfungsi ketika perempuan dalam keadaan berbahaya, maka secara otomatis aplikasi akan berbunyi untuk menakuti pelaku kejahatan dan akan mengirimkan sinyal bahaya ke pihak yang terhubung. Sehingga, keberadaan perempuan dan kondisi perempuan tersebut akan terdeteksi melalui aplikasi ini dan langsung mengirimkan lokasi tempat kejadian. Dengan hadirnya aplikasi ini harapannya dapat mengurangi kasus kekerasan serta pelecehan seksual terhadap perempuan dan juga dapat mempermudah lembaga terkait untuk tanggap menyelamatkan korban. Aplikasi ini dapat dijadikan pilot project yang dapat diterapkan di seluruh dunia sebagai upaya melindungi perempuan menuju kesetaraan dan keadilan gender.


Full Text:

PDF

References


Astawa, G. W. dkk. (2018). Aplikasi Android Lukisan Wayang Kamasan Menggunakan Qr Code Sebagai Media Promosi Interaktif (Studi Kasus: Startup Way’k). Jusikom: Jurnal Sistem Komputer Musirawas. 3(2):115-125.

Hutami, L. T. H. (2019). Intensi Penggunaan Electronic Wallet Generasi Millenial Pada Tiga Startup “Unicorn” Indonesia Berdasarkan Modifikasi Tam. Jurnal Manajemen. 8(2):136-145.

Iffah, V. (2018). Analisis strategi bisnis ecommerce perusahaan startup digital di Ijadfarm Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2016). Kementerian Komunikasi dan Informatika RI 2016. Media, K. C. (n.d.). Komnas Perempuan Sebut Ada 6 Elemen Kunci di RUU PKS. Rosyadi, D. S. (N.D.). Revolusi Industri 4.0 : Peluang Dan Tantangan Bagi Alumni Universitas Terbuka.

Sumera,M.(2013).Perbuatan Kekerasan/Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan. Lex et Societatis, I(2), 39–49.

Syauqi, A. T. (n.d.). Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v7i1.3331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats