PERAKUS (PENGENDALI HAMA SERANGGA DAN TIKUS) ALAT TEPAT GUNA OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER SEBAGAI SOLUSI PANGAN TANPA PESTISIDA KIMIA

Fatahullah Fatahullah, Rudi Rudi, Jusriana H

Abstract


Hama tanaman padi merupakan salah satu musuh terbesar bagi masyarakat petani, selain sifatnya yang menggaggu tanaman, juga merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan produksi usaha tani masyarakat, atau dikenal sebagai kegagalan dalam melakukan usaha tani. Keberadaan serangga hama dalam suatu ekosistem pertanian akan mempengaruhi kegiatan budidaya karena secara langsung akan menurunkan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan dan jika kegiatan pengendalian tidak dilakukan maka kegiatan budidaya akan mengalami kerugian. Salah satu cara untuk mengendalikan hama pada tanaman ialah dengan menggunakan pestisida sintetik (pestisida kimia). Hama serangga merupakan salah satu faktor kendala yang dapat menjadi faktor rusaknya tanaman padi terutama pada daun dan batang tanaman padi. Gejala kerusakan yang disebabkan oleh hama ini sangat khas, yaitu pada daun terbentuk suatu lubang dengan diameter 0,5 cm sehingga daun menjadi berlubang-lubang (Sembel dalam Setiawati, 2018). Penggunaan pestisida sintetik yang tidak bijaksana dapat merusak lingkungan dan kesehatan manusia. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti merancang sebuah alat yaitu Perakus (Pengendali hama Serangga dan Tikus) sebagai Alat Tepat Guna Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega 2560 Dan Sensor Ultrasonik. Alat ini menggunakan gelombang ultrasonik yang berfungsi sebagai pengusir hama predator dalam hal ini difokuskan pada hama tikus. Kemudian alat teknologi ini memiliki alat pengontrol yaitu mikrokontroler yang dapat mengontrol jalanya teknologi Perakus ketika digunakan. Kelebihan Alat ini sangat dibutuhkan oleh para petani saat ini, diantaranya adalah sebagai alat pengusir hama tikus, yang kedua sebagai alat pembasmi hama serangga. Hal ini karena adanya cairan mengkudu dan terasi yang diolah menjadi insektisida alami dalam megatasi serangan hama serangga Selain itu juga konsumsi penggunaan seperti pestisida kimia dapat dikurangi, karena akan berdampak pada penurunan biaya produksi petani dan meningkatkan produktivitas serta provitabilitas hasil pertanian sehingga dapat mewujudkan Indonesia food sovereignty yaitu sistem pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan guna merespon peluang dan tantangan revolusi industri 4.0.


Full Text:

PDF

References


Azima, S. E., dkk. (2017). Analisis Keragaman Jenis Serangga Predator pada Tanaman Padi di Areal Persawahan Kelurahan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Biologi Makassar. Universitas Hasanuddin. Makassar. 2(2). Diakses pada tanggal 19 September 2018 pada pukul 02:17 WITA.

Badan Pengembanganan PembinaanBahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kementeria Pendidikan dan Kebudayaan. kbbi.kemendikbud.go.id.

Lomo, Y. (2016). Perancangan dan Pembuatan Pemanas Induksi dengan Metode Pancake Coil Berbasis Mikrokontroller Atmega 8535. Jurnal Mahasiswa TEUB. 2(4): 1-6. http://elektro.studentjournal.ub.ac.id/index.php/teub/issue/view/9. Dilihat pada 19 Oktober 2018 pukul 16:27 WITA.

Purnamasari, T. (2017). Uji Aktivitas Anthelmintik Ekstrak Etanol Daun Mengkudu terhadap Cacing Paramphistomum sp. Secara In Vitro. Skripsi Fakultas Kedokteran. Universitas Hasanuddin Makassar. Diakses pada Tanggal 20 September 2018 pukul 02:15 WITA.

Setiawati, S., dkk. (2018). Efikasi Ekstrak Daun Mengkudu terhadap Mortalitas Larva crocidolomia binotalis zell.Jurnal Agrotek Tropika. (9)2. Diakses pada Tanggal 21 September 2018 Pukul 08:45 WITA.

Simbolon, M. S., dkk. (2017). Pengaruh Kulit Buah Jengkol (Phitecellobium lobatum Prain) terhadap Tingkat Konsumsi Makan Tikus Sawah (Rattus argentiventer (Rob & Kloss) Di Laboratorium. Jurnal Agroteknologi FP USU.5(2). Diakses di https://media.neliti.com/media/publications/110470-ID-pengaruh-kulit- buah-jengkol-phitecellobi.pdf pada Tanggal 26 Februari 2019 Pukul 23:11 WITA.

Subandi, M., dkk. (2016). Keefektifan Insektisida BPMC dan Ekstrak Daun Suren terhadap Hama Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal.) dan Populasi Musuh Alami pada Padi Varietas Ciherang. Jurnal Agrikultura. 27 (3). Diakses pada tanggal 19 September 2018 pada pukul 03:12 WITA.

Suhaeb, S, dkk. (2017). Mikrokontroler dan Interface. Universitas Negeri Makassar:Makassar.

Waluyo. (2018). Rancang Bangun Protipe Oven Pengering Rumput Laut untuk UKM di Wilayah Kabupaten Luwu Timur. DINAMIKA Jurnal Ilmiah Teknik Mesin. 10(1): 47-54.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v7i1.3329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats