PENGARUH KEBERADAAN PENGEMIS TERHADAP KENYAMANAN PENGENDARA DI KOTA MAKASSAR

ASTI ANANDA, NURWAHIDAH NURWAHIDAH, ANDI HUSNUL HATIMAH AMIN, NUR HIKMAH FITRIANI

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui keberadaan pengemis di kota Makassar, untuk mengetahui kenyamanan pengendara di kota Makassar, untuk mengetahui pengaruh keberadaan pengemis terhadap kenyamanan pengendara di kota Makassar. Metode penulisan yang digunakan yaitu penelitian analisis kuantitatif, yaitu menggunakan analisis data secara mendalam dalam bentuk angka. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang telah dibagikan. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah keberadaan pengemis sebagai variabel bebas dan dinotasikan X serta kenyamanan pengendara sebagai variabel terikat dan dinotasikan Y. Berdasarkan dari dari hasil perhitungan dan pengambilan keputusan, bahwa variabel X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Dari hasi pengujian hipotesis tersebut terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keberadaan pengemis terhadap kenyamanan pengendara di Kota Makassar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sari, L. (2018) .Faktor-faktor yang mempengaruhi urbanisasi di Makassar tahun 2011-2015.Skripsi. Program studi ilmu ekonomi fakultas ekonomi dan bisnis islam universitas negeri alauddin Makassar. Makassar.

Soraya, I. (2017). Peran dinas sosial kota Makassar dalam penanganan pengemis di kecamatan Panakkukang kota Makassar. Skripsi. Fakultas dakwah dan komunikasi UIN alauddin Makassar.Makassar.

Hartini, S. (2015). Analisis Faktor yang mempengaruhi kenyaman berkendara pada penumpang kereta api tawang jaya menggunakan structural equation modeling. Jurnal Teknik Industri. X(3): 134.

Haryanto, H. C. (2016): 96. Keselamatan dalam berkendara: Kajian terkait dengan usia dan jenis kelamin pada pengendara. Jurnal Ilmiah Psikologi. 7(2): 96.

Harlan, J. (2018). Analisis Regresi Linear.Cetakan ke-1. Gunadarma, Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Cetakan ke-28. Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v6i2.2780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats