UJI EFEKTIVITAS LARVA NGENGAT LILIN (GALLERIA MELLONELLA) TERHADAP POLIMER POLIETILENA DALAM UPAYA DEGRADASI LIMBAH PLASTIK

YUSRIAH NURMALASARI R, ITA PURNAMASARI RAHMAN, ITMAL ITMAL

Abstract


Plastik merupakan senyawa polimer yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan plastik mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Wakil Ketua Umum Asosiasi Olefin dan Plastik Indonesia (Inaplas), Budi S Sadiman dalam halaman resmi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, konsumsi plastik di Indonesia diproyeksikan meningkat sekitar 22,58% dari tahun sebelumnya. Mengingat konsumsi plastik yang terus meningkat serta bahan penyususn plastik sulit terurai di tanah menjadikan limbah yang dihasilkannya akan mengalami penumpukan dan terus menerus akan mencemari lingkungan.Larva ngengat lilin (Galleria mellonella) merupakan larva yang dikenal sebagai hama pada sarang lebah. Seorang peneliti dari Spanyol, Bombelli Paolo dalam publikasi Current Biology pada tahun 2017menemukan potensi larva lebah ngengat lilin dalam memecah polimer polietilena. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian serupa untuk menguji dan membuktikan kembali efektivitas larva ngengat lilin (Galleria mellonella) dalam memecah polimer plastik polietilena (PET) serta pada polimer plastik lainnya (HDPE, PP, PS, PVC, LDPE, other). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode standar. Sampel larva dihaluskan diberikan perlakuan terhadap 7 polimer plastik berukuran 3x3 cm sebanyak 2 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efektivitas jenis polimer plastik PP mengalami tingkat degradasi tertinggi sebesar 15,6% dan 14,15% dibandingkan dengan jenis polimer lainnya. Sedangkan tingkat efektivitas plastik jenis PS mengalami tingkat degradasi terendah sebesar 0,13% dan 0,15%.

Full Text:

PDF

References


Bombelli P, dkk. (2017). Polyethylene Bio-degradation Caterpillars of the Wax Moth Galleria Mellonella. Current Biology Journals.

Jembeck JR, dkk. (2015). Plastic Waste Inputs from Land into the Ocean. Science Journal. Vol. 347 Issue 6223. Pp: 768-771.

Kemenperin, (2017). Semester I, Konsumsi Plastik 1,9 Juta Ton. (online).www.kemenperin.go.id. Diakses pada tanggal 19 November 2017, Pukul 14:57 WITA.

Nowlin TE. (2014). Business and Technology og the Global Polyethylene Industry: An In-depth Look at the Technology, Catalysts, and Modern Commercial Manufacture of Polyrthylene and its Products. Canada: Scrivener Publishing




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v5i2.2348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats