MEMPERKUAT KOMPETENSI SISWA SMPN 37 MAKASSAR MELALUI KOLABORASI MAHASISWA PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR
Abstract
Program Kampus Mengajar merupakan inisiatif pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mahasiswa peserta program tersebut dalam meningkatkan kompetensi siswa di SMPN 37 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa peserta program Kampus Mengajar memiliki peran signifikan dalam membantu meningkatkan kompetensi siswa SMPN 37 Makassar, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Mereka berkontribusi dalam proses pembelajaran di kelas, memberikan bimbingan belajar, serta mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan minat dan bakat siswa. Selain itu, mahasiswa juga berperan dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dan membangun hubungan yang positif antara siswa dan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program Kampus Mengajar memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di SMPN 37 Makassar dan mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik di Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Annisa, Adel Wiliah, Nia Rahmawati. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains. 2(1), 35-48
Hadiyati, Fatkhurahman, dan Bambang Suroto. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. DINAMISIA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 122-128
Kemendikbud. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta : Kemendikbud Meldina, Tika. (2019). Implementasi Model Learning Start With A Question Strategi Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. 6(2). 211-219
Wijaya, E. Y., & Rusdianti, E. (2022). Analisis Dampak Program Kampus Mengajar terhadap Kompetensi Siswa SMP di Kota Makassar. Jurnal Studi Pendidikan, 12(3), 221-234.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Panduan Pelaksanaan Program Kampus Mengajar. Jakarta: Kemendikbud.
Rahmawati, I., & Maulida, S. (2021). Peran Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 125-134.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i2.15939
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats