PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X.6 SMA 3 MAROS

Muhajir Muhajir, Cici Nurul Aulia, Cici Nurul Aulia, Aisyah Eka Alfina, Aisyah Eka Alfina

Abstract


Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) adalah salah satu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebagai rekontekstualisasi matakuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berlokasi di UPT SMA 3 MAROS. Kelas tempat peneliti melakukan penelitian adalah kelas X.6. Situasi siswa di kelas ini sangat bervariasi dan beragam. Model desain yang dikembangkan dalam melaksanakan penelitian ini adalah model spiral dari satu siklus ke siklus berikutnya oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X.6 UPT SMA 3 MAROS tahun ajaran 2023/2024. Pelaksanaan tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum melaksanakan tindakan kelas, terlebih dahulu dilakukan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan membaca awal siswa. Berdasarkan data penelitian, kesimpulan yang diperoleh adalah siswa belum terdapat peningkatan yang signifikan dari proses belajar yang mereka lakukan sehingga diperlukan sebuah model yang mampu meningkatkan hasil belajar mereka dalam kelas. Media interaktif video pembelajaran akan memberikan dampak yang baik terhadap peserta didik dalam memahami pelajaran bahasa Indonesia dan mampu menciptakan generasi yang berintelektual dan berpendidikan.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2004).

Penilaian. Jakarta:

Departemen Pendidikan

Nasional. Faizalnizbah (2013). Pengertian membaca.

Tersedia: http://faizalnizbah.blogspot.s g/2013/08/pengertian-membaca.html [6]Januari 2014]

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi

belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based

Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.

Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83-99.

Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83-99.

Haryanto, S.Pd (2012). Pengertian Media Pembelajaran.

Tersedia: http://belajarpsikologi. com/pengertian-media- pembelajaran/[6Januari

.http://paudstaial gazalibone.blogspot.co m/2013/04/pengertian-

membacapermulaan.ht ml (7 januari 2014) http://selamethariadi.co m/pengertian-cara-dan- makna-membaca/

Hudaita (2009) Pembelajaran Membaca Permulaan Tersedia http://hudaita.blogspot

.com/2009/01/pembel ajaran-membaca- permulaan dengan.html/ (Diakses 05 Januari 2014)

Mbah Brata (2009).

Pembelajaran membaca permulaan Tersedia: http://mbahbrata- edu.blogspot.com/200 9/08/pembelajaran- membacapermulaan- melalui.html/ (Diakses 05 Januari 2014)

Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399-405.

Muhammad faiq (2013) . Instrumen untuk menilai media pembelajaran berbasi teks. Tersediahttp://penelitian tindakan kelas.blogspot.com/2013/10/contoh-instrumen untuk- menilai-media- pembelajaran- berbasis-teks.html[7 januari 2014]

Padlan, M., Sapitra, M., Saputra, M. H., Sairi, S., & Syahrani, S. (2023).

Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTSS) Nurul Hikmah. Adiba: Journal Of

Education, 3(4), 543-

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar

siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2),

-109.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Slamet Hariadi (2013). Pengertian cara dan makna membaca Tersedia :

Suhadinet, ‡Langkah- Langkah PTK Menurut Kemmis dan McTaggart·http://suhadinet.wordpress.com/2009/06/08/langkahlangkah-ptk-menurutkemmis-dan mctaggart/ (Diakses 13 Agustus 2013)

Teguh Prasetyo (2009). Pembelajaran membaca dan membaca permulaan.

Tersedia:

http://teguhs-atu.blogspot.com/200 9/11/pembelajaranme mbaca-dan membaca.

html [7Januari2014]

http://gudangartikels.blogspot.com/2011/08/pengertian-dan- tujuan membaca permulaan. html (Diakses Tanggal 10 Januari 2014)

Universitas Terbuka

Wahyudi, A., Pahan, B. P., & Sulistyowati, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Kooperatif Picture And Picture: Suatu Studi di SDN 5 Menteng. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 109-123.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i2.15937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats