Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Pada Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4

Sumartono Sumartono, Dwi Nur Andini Putri Ramadhan, Dwi Nur Andini Putri Ramadhan, Andi Fitrianti, Andi Fitrianti, Nasir Nasir, Nasir Nasir

Abstract


Discovery learning merupakan suatu metode yang menekankan pada kegiatan belajar siswa secara aktif dalam mengembangkan sendiri pengetahuannya secara mandiri maupun kelompok. Pada metode ini, guru tidak secara aktif menjelaskan materi pada peserta didik. guru hanya memberikan sejumlah pertanyaan berkaitan dengan materi. Selanjutnya, peserta didiklah yang harus menemukan, menyelidiki, dan menyimpulkan hasil temuannya sebagai modal untuk menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4 Maros dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Peneliti melibatkan satu kelompok untuk menggunakan desain penelitian yang diberi pretest lebih dahulu sebelum adanya treatment, kemudian diberi posttest untuk mengetahui hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Akib, Erwin. 2021. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Astari, Fajar Ayu , 2018, ”Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd”, Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 1.

Darmawan, D., & Wahyudin, D. (2018). Model Pembelajaran Di Sekolah (Nita, Ed.). Pt Remaja Rosdakarya.

Druckman, D., & Ebner, N. (2018). Discovery Learning In Management Education: Design And Case Analysis. Journal Of Management Education, Https://Doi.Org/10.1177/1052562917720710

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. In 64 | Jurnal Ika (Vol. 7, Issue 2).

Hamalik, Omer (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hammer, D. (1997). Discovery Learning And Discovery Teaching. Cognition And Instruction.

Kristin, Firosalia, 2016, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD, Jurnal Scholaria, Volume 6.

Roestiyah N.K, 2012, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta

Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Kencana.

Suryosubroto, 2009, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT Asdi Matraman.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.14437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats