Keefektivan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X.3 SMA Negeri 14 Maros

Naldi Naldi, Dian Safitri, Dian Safitri, Sadriana Ayu, Sadriana Ayu, Nasir Nasir, Nasir Nasir

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar informatika siswa kelas X. 3 SMA Negeri 14. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X.3 yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning Model sangat efektif bila diterapkan didalam kelas.


Full Text:

PDF

References


Detik Bali. 2022. “ Discovery Learning Adalah: Pengertian, Manfaat dan Penerapannya”. Tersedia: https://www.detik.com/bali/berit a/d-6411929/discovery-learning- adalah- pengertianmanfaat-dan- penerapannya. (10 November

.

Josephine dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran 3 Smk Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. Vol.1, No.1 Hal: 14 – 35.

Maulina dkk. 2022. Pengembangan Model Discovery Learning dengan model Group Investigation Pada Mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Hal: 199 211.

Ramadhani, A, H. 2021. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning pada Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2– No. 1 Hal: 96-102.

Raden intan repository. Bab II Landasan Teori, Hasil Belajar. Diakses pada 6 Desember 2023 dari http://repository.radenintan.ac.id/169 1/5/Bab_II.pdf

Rifqi Mulyawan. Pengertian informatika. Diakses 6 Desember 2023 dari https://rifqimulyawan.com/blog/peng ertian-informatika/

Yuliana, N. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 2 Nomor1 Hal: 21 – 28.

Kusuma, Y, Y. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4.

Halaman 1460-1467.

Echo Pramono. (2021). Diakses pada

November 2023 dari https://fkip.umko.ac.id/2021/05/3 1/mengenal-model- pembelajaran-discovery- learning/.

Sereciliouz. (2021). Diakses pada 10

November 2023 dari https://www.quipper.com/id/blog/inf oguru/discovery -learning/.

Vindiasari Yunisha. (2023). Diakses pada 10 November 2023 dari https://www.ruangkerja.id/blog/discov ery-learning




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.14428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats