Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMA Negeri 14 Maros

Nur Isma, Sadriana Ayu, Sadriana Ayu, Nasir Nasir, Nasir Nasir, Muhammad Wahyu, Muhammad Wahyu

Abstract


Model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran yang dapat melibatkan langsung kepada siswanya kedalam kegiatan belajar lewat sebuah argumen, siswa dapat berpendapat, berdiskusi, serta dapat membaca sendiri maupun mencoba sendiri, supaya peserta didik dapat melakukan pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe DL (Discovery Learning) dengan diterapkan pada pembelajaran informatika dikelas X.2 dan X.4 SMA Negeri 14 Maros diharapkan dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan, bagian pertama sebagai siklus 1 dan 4 kali pertemuan bagian kedua sebagai siklus 2 dan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X.2 yang berjumlah 36 orang dan siswa kelas X.4 yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam penerapannya pada proses pembelajaran model pembelajaran Discovery Learning, siswa sangat baik dalam merespon materi yang disampaikan, hanya saja beberapa siswa ketika dalam proses pembelajaran ada siswa yang tidur dan tidak fokus dalam menerima materi dan juga bercerita dengan temannya. Dan juga hasil belajar siswa terhadap pembelajaran informatika meningkat lebih baik dari aspek kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning siswa sangat kreatif dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Detik Bali. 2022. “ Discovery Learning Adalah: Pengertian, Manfaat dan Penerapannya”. Tersedia: https://www.detik.com/bali/berita/d-6411929/discovery-learning-adalah-pengertian-manfaat- dan-penerapannya. (10 November 2023).

Josephine dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran 3 Smk Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. Vol.1, No.1 Hal: 14 – 35.

Maulina dkk. 2022. Pengembangan Model Discovery Learning dengan model Group Investigation Pada Mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Hal: 199 -211.

Ramadhani, A, H. 2021. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Discovery Learning pada Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2– No. 1 Hal: 96-102.

Yuliana, N. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 2 Nomor 1 Hal: 21 – 28.

Kusuma, Y, Y. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4. Halaman 1460-1467.

Echo Pramono. (2021). Diakses pada 10 November 2023 dari https://fkip.umko.ac.id/2021/05/31/mengenal-model-pembelajaran-discovery-learning/.

Sereciliouz. (2021). Diakses pada 10 November 2023 dari https://www.quipper.com/id/blog/info- guru/discovery-learning/.

Vindiasari Yunisha. (2023). Diakses pada 10 November 2023 dari https://www.ruangkerja.id/blog/discovery-learning.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.14430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats