Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penerapan pembelajaran berdeferensiasi dimana guru belum mengakomodir kebutuhan belajar murid, berupa kesiapan belajar, minat belajar dan profil (gaya) belajar murid. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar murid. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) lembar observasi aktivitas murid dan (2) tes hasil belajar. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar murid pada siklus I sebesar 16,6%, meningkat menjadi 41,6% pada siklus II. Sedangkan persentase aktivitas belajar murid pada siklus I mencapai 71,5%, meningkat 73,95% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi melalui model pembelajaran discovery learning dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar murid.
Full Text:
PDFReferences
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101. doi:https://ejournal.undiksha.ac. id/index.php/JFI/article/view/24 525
Andini, D. W. (2016). Differentiated Instruction: Solusi
Pembelajaran dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(3),
-349.
doi:https://jurnal.ustjogja.ac.id/i ndex.php/trihayu/article/view/7 25/611
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.Arikunto,
S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty,
I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul
1. Jurnal Basicedu, 6(2),
-2856.
doi:https://jbasic.org/index.php/ basicedu/article/view/2504/pdf
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan
Statistika, 3(3), 632-
doi:https://www.lebesgue.lppm binabangsa.id/index.php/home/ article/view/180/129
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal
Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-
doi:http://journal.unj.ac.id/unj/i ndex.php/pip/article/view/2205 7.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: AfifaUtama.
Maryam, A. S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Mastuti, A. G., Abdillah, & Rumodar,
M. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop dan
Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi.
Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(5), 3415-3425.
doi:file:///C:/Users/User/Downl oads/9682-37204-1-PB.pdf
Mulbar, U., Bernard, H., & Pesona, R.
R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensial Pada Peserta Didik Kelas VIII. Issues in Mathematics Education (IMED), 1(1), 1-6.
doi:https://ojs.unm.ac.id/imed/a rticle/view/9244/5360
Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-
doi:https://ojsdikdas.kemdikbud
.go.id/index.php/didaktika/articl e/view/545
Rahim, R. (2021). Pendekatan Pembelajaran Guru. Medan: Yayasan Kita Menulis. Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sugiarta, I. (2019). Filsafat Pendididkan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.
doi:https://ejournal.undiksha.ac. id/index.php/JFI/article/view/22 187
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiarta, I. (2019). Filsafat Pendididkan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.
doi:https://ejournal.undiksha.ac. id/index.php/JFI/article/view/22 187
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.
doi:https://doi.org/10.53299/jpp i.v1i2.39
Syarifuddin, & Nurmi. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 93-
doi:http://jurnal.bimaberilmu.co m/index.php/jagomipa/article/vi ew/184/130
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.
Winarni, P. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.
Niravita, Aprila. “Social Injustice in the Industrial Revolution 4.0.” Indonesian Journal of Advocacy and Legal Services 1, no. 2
(2020): 164.
https://doi.org/10.15294/ijals.v1 i2.36509.
Nugraheni, Prasasti Dyah. “The New Face of Cyberbullying in Indonesia: Howe Can We Provide Justice to the Victims?” The Indonesian Journal of International Clinical Legal Education 3, no. 1 (2021): 57–
https://doi.org/10.15294/ijicle.v 3i1.43153.
Raphael, Jody. Rape Is Rape: How Denial, Distortion, and Victim Blaming Are Fueling a Hidden Acquintance Rape Crisis. Chicago: Lawrence Hill Books, 2013.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.14405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats