Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Syamsinar Syamsinar, Nur Ismi, Nur Ismi, Rahmatia Thahir, Rahmatia Thahir, Sahruddin Sahruddin, Sahruddin Sahruddin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya penerapan pembelajaran berdeferensiasi dimana guru belum mengakomodir kebutuhan belajar murid, berupa kesiapan belajar, minat belajar dan profil (gaya) belajar murid. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar murid. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) lembar observasi aktivitas murid dan (2) tes hasil belajar. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar murid pada siklus I sebesar 16,6%, meningkat menjadi 41,6% pada siklus II. Sedangkan persentase aktivitas belajar murid pada siklus I mencapai 71,5%, meningkat 73,95% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi melalui model pembelajaran discovery learning dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar murid.

 


Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101. doi:https://ejournal.undiksha.ac. id/index.php/JFI/article/view/24 525

Andini, D. W. (2016). Differentiated Instruction: Solusi

Pembelajaran dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(3),

-349.

doi:https://jurnal.ustjogja.ac.id/i ndex.php/trihayu/article/view/7 25/611

Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.Arikunto,

S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty,

I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul

1. Jurnal Basicedu, 6(2),

-2856.

doi:https://jbasic.org/index.php/ basicedu/article/view/2504/pdf

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan

Statistika, 3(3), 632-

doi:https://www.lebesgue.lppm binabangsa.id/index.php/home/ article/view/180/129

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal

Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-

doi:http://journal.unj.ac.id/unj/i ndex.php/pip/article/view/2205 7.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: AfifaUtama.

Maryam, A. S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Mastuti, A. G., Abdillah, & Rumodar,

M. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop dan

Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(5), 3415-3425.

doi:file:///C:/Users/User/Downl oads/9682-37204-1-PB.pdf

Mulbar, U., Bernard, H., & Pesona, R.

R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensial Pada Peserta Didik Kelas VIII. Issues in Mathematics Education (IMED), 1(1), 1-6.

doi:https://ojs.unm.ac.id/imed/a rticle/view/9244/5360

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-

doi:https://ojsdikdas.kemdikbud

.go.id/index.php/didaktika/articl e/view/545

Rahim, R. (2021). Pendekatan Pembelajaran Guru. Medan: Yayasan Kita Menulis. Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sugiarta, I. (2019). Filsafat Pendididkan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.

doi:https://ejournal.undiksha.ac. id/index.php/JFI/article/view/22 187

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiarta, I. (2019). Filsafat Pendididkan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.

doi:https://ejournal.undiksha.ac. id/index.php/JFI/article/view/22 187

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.

doi:https://doi.org/10.53299/jpp i.v1i2.39

Syarifuddin, & Nurmi. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 93-

doi:http://jurnal.bimaberilmu.co m/index.php/jagomipa/article/vi ew/184/130

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.

Winarni, P. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Niravita, Aprila. “Social Injustice in the Industrial Revolution 4.0.” Indonesian Journal of Advocacy and Legal Services 1, no. 2

(2020): 164.

https://doi.org/10.15294/ijals.v1 i2.36509.

Nugraheni, Prasasti Dyah. “The New Face of Cyberbullying in Indonesia: Howe Can We Provide Justice to the Victims?” The Indonesian Journal of International Clinical Legal Education 3, no. 1 (2021): 57–

https://doi.org/10.15294/ijicle.v 3i1.43153.

Raphael, Jody. Rape Is Rape: How Denial, Distortion, and Victim Blaming Are Fueling a Hidden Acquintance Rape Crisis. Chicago: Lawrence Hill Books, 2013.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.14405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats