Penerapan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA 4 Maros
Abstract
Penguatan Profesi Guru (P2K) merupakan salah satu mata kuliah yang menjadi syarat bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar. Berlokasi di UPT SMA 4 MAROS . Kelas tempat peneliti melakukan penelitian adalah kelas X1. Situasi siswa di kelas ini sangat bervariasi. Model desain yang dikembangkan dalam melaksanakan penelitian ini adalah model spiral dari satu siklus ke siklus berikutnya oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X1 UPT SMA 4 MAROS tahun ajaran 2023/2024. Pelaksanaan tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum melaksanakan tindakan kelas, terlebih dahulu dilakukan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan membaca awal siswa. Berdasarkan data penelitian, kesimpulan yang diperoleh adalah siswa belum terdapat peningkatan yang signifikan dari proses belajar yang mereka lakukan sehingga diperlukan sebuah model yang mampu meningkatkan hasil belajar mereka dalam kelas. Media komik akan memberikan dampak yang baik terhadap peserta didik dalam memahami pelajaran bahasa Indonesia dan mampu menciptakan generasi yang berintelektual dan berpendidikan.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2004). Penilaian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Faizalnizbah (2013). Pengertian membaca. Tersedia: http://faizalnizbah.blogspot.sg/ 2013/08/pengertian- membaca.html [6]Januari 2014]
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajeme Perkantoran, 4(1),
-86.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.
Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83-99.
Haryanto, S.Pd (2012). Pengertian Media Pembelajaran. Tersedia: http://belajarpsikologi.com/peng ertian-media- pembelajaran/[6Januari 2014].http://paudstaialgazalibon e.blogspot.com/2013/04/pengert ian-membacapermulaan.html (7
januari 2014)
http://selamethariadi.com/penge rtian-cara-dan-makna-membaca/ [6
Hudaita (2009) Pembelajaran Membaca Permulaan Tersedia
http://hudaita.blogspot.com/200 9/01/pembelajaran-membaca- permulaan dengan.html/ (Diakses 05 Januari 2014)
Januari 2014]
E., & Zulhafizh, Z. (2023). Pengaruh Media Komik Strip terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Al-Huda Pekanbaru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4319-4324.
Mbah Brata (2009). Pembelajaran membaca permulaan Tersedia: http://mbahbrata- edu.blogspot.com/2009/08/pem belajaran-membacapermulaan- melalui.html/ (Diakses 05
Januari 2014)
Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399-405.
Muhammad faiq (2013) . Instrumen untuk menilai media
pembelajaran berbasis teks.Tersediahttp://penelitiantin dakankelas.blogspot.com/2013/ 10/contoh-instrumenuntuk- menilai-media-pembelajaran- berbasis-teks.html[7 januari 2014]
Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Padlan, M., Sapitra, M., Saputra, M. H., Sairi, S., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTSS) Nurul Hikmah. Adiba: Journal Of Education, 3(4), 543-568.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty,
R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.
Paud Stai Al Gazali Bone (2013).Pengertian membaca permulaan. Tersedia :
Puji Santosa, dkk (2005). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia . Jakarta :
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan media komik dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: media komik dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30-43.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Sepian, A. D., Afiati, E., & Prabowo,
A. S. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Mengenai
Pendidikan Seksual untuk Siswa Sekolah Dasar. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(1), 72-87.
Slamet Hariadi (2013). Pengertian cara dan makna membaca Tersedia :
Suhadinet, ‡Langkah-Langkah PTK Menurut Kemmis dan McTaggart• http://suhadinet.wordpress.com/ 2009/06/08/langkah-langkah- ptk-menurutkemmis-dan- mctaggart/ (Diakses 13 Agustus 2013
Teguh Prasetyo (2009). Pembelajaran membaca dan membaca permulaan.
Tersedia:http://teguhs- atu.blogspot.com/2009/11/pemb elajaranmembaca-dan- membaca.html[7Januari2014] http://gudangartikels.blogspot.c om/2011/08/pengertian-dan- tujuan-membacapermulaan.html (Diakses Tanggal 10 Januari 2014) Universitas Terbuka
Wahyudi, A., Pahan, B. P., & Sulistyowati, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Kooperatif Picture And Picture: Suatu Studi di SDN 5 Menteng. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 109-
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.14404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats