EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUNGGUMINASA

Dewi Heryanti Sulaiman

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dalam pembelajaran matematika ditinjau dari: (1) ketuntasan hasil belajar matematika, (2) aktivitas siswa, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 diteliti dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar sebelum dan setelah pemberian perlakuan, lembar observasi aktivitas dan angket respon siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data tes hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan, lembar observasi dan angket respon siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor rata-rata hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) adalah 83,61 dengan standar deviasi 9,382. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 33 siswa dari 36 siswa telah mencapai ketuntasan individu yang berarti bahwa ketuntasan secara klasikal telah tercapai; (2) rata-rata persentase aktivitas siswa untuk setiap indicator telah mencapai kriteria aktif; (3) angket respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) berada pada kategori positif. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekata SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) efektif digunakan pada siswa kelas VII.2 SMPN 2 Sungguminasa.

 

Kata Kunci :Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual)


Full Text:

PDF

References


DePorter, B. (2000). Quantum Learning. Bandung: Mizan Media Utama. Diakses dari https://booksgoogle.co.id/

books.

Meier, D. (2002). Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa. Diakses dari https://booksgoogle.co.id/

books.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i1.1367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats