DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SECARA MANDIRI DALAM PERKULIAHAN JARAK JAUH (DARING) DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNISMUH MAKASSAR

Anggriana Irwan, Dina Aulia

Abstract


Pandemi covid-19 menyebabkan perubahan metode pembelajaran pendidikan di Indonesia. Demi mengoptimalkan terlaksananya pendidikan, pemerintah mengeluarkan kebijakan “Belajar dari Rumah”. Belajar dari Rumah atau pembelajaran daring merupakan solusi untuk menjawab permasalahan pendidikan di tengah pandemi covid-19 sehingga proses belajar mengajar tetap terlaksana walaupun secara jarak jauh. Selama pengimplementasian pembelajaran daring ini terbilang belum efektif karena tidak semua mahasiswa mampu beradaptasi dengan baik. Hal ini ditandai banyaknya masalah yang dihadapi saat pembelajaran jarak jauh seperti, metode pembelajaran daring yang sulit dipahami, penjelasan dosen yang kurang jelas,  jaringan tidak mendukung, serta fasilitas pembelajaran daring yang tidak memadai. Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar terhadap mata kuliah pengantar akuntansi I & II dan mengetahui masalah yang dihadapi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu, metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu, menyebarkan kuesioner pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar. Sampel penelitan ini adalah mahasiswa angkatan 2020 dengan jumlah 230 responden.  Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa Covid-19 berdampak terhadap implementasi pembelajaran mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2020. Mengakibatkan rendahnya tingkat pemahaman mahasiswa sehingga mahasiswa belum mampu mengaplikasikan ilmu pengantar akuntansi padahal ilmu pengantar akuntansi adalah ilmu dasar yang wajib dimiliki mahasiswa agar mampu melanjutkan pembelajaran ilmu akuntansi lanjutan.


Full Text:

PDF

References


Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 7(4): 281-288.

Chairunnisa, C. 2017. Metode Penelitian Ilmiah Aplikasi dalam Pendidikan dan Sosial. Edisi ke-1. Mitra Wacana Media. Indonesia.

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1): 55-61.

Gunawan., Dkk. 2020. Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education. 1(2): 61-70.

Hennilawati. dan Hartini, S. 2020. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 8(4): 413-414.

Khasanah, S. U. dan Syarifah, A. 2021. Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya Terhadap Pembelajaran Daring Via Zoom pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(1): 23-33.

Kurniawan, T. K. A. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Pengantar Akuntansi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Ciputra. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(6): 661-669.

Maolani, R. A., Dkk. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Edisi ke-2. PT Raja Grafindo Persada Jakarta. Indonesia.

Marthika, L. D. 2020. Analisis Mental Mahasiswa Baru saat Pembelajaran Online Era Covid-19 (Mahasiswa Baru Progam Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muara Bungo Angkatan 2020). Jurnal Inovasi Penelitian. 1(2): 1527-1534.

Matapere, N. M. dan Nugroho, P. I. 2020. Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW dengan Motivasi Belajar Sebagai Variable Moderasi. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi). 4(1): 257-270.

Prastowo, A. 2016. Memahami Metode-metode Penelitian, Edisi ke-3. Ar-Ruzz Media. Indonesia.

Radjab, E., Dkk. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi ke-1. Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar. Indonesia.

Siahaan, M. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI). 1(1): 1-3.

Solikhah, N. A. dan Suripah. 2021. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Mandiri dalam Perkuliahan

Jarak Jauh (Daring) di Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 9(1): 57-61.

Stevani, F. 2016. Pengaruh Intelligence Quotient dan Emosional Quotient Terhadap Prestasi Belajar Mata Matakuliah Pengantar Akuntansi I Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Ekonomi Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Edutama. 3(2): 20-30.

Sumantyo, F. D. S. 2020. Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI). 1(1): 81-92.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i2.12253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats