MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MISSOURIMATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NASIONAL MAKASSAR

Sandi Warman, Andi Asril, Ita Purnaama Sari Rahman

Abstract


Salah satu penyebab kurangnya minat siswa untuk belajar dipengaruhi dari banyaknya waktu yang dipergunakan untuk bermain, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu, seorang guru haruslah mewujudkan tujuan pembelajaran dengan menggunakan komponen, pendekatan, dan berbagai metode pengajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dengan kondisi psikologi siswa, maka dapat membantu siswa untuk menggunakan waktu seefisien mungkin, sehingga siswa mudah memahami pelajaran matematika. Atas alasan diatas maka penulis mencoba untuk melakukan penelitian dengan menggunakan salah satu model pembelajaran matematika yaitu model Missouri Mathematics Project (MMP) yaitu model pembelajaran ini memuat hal-hal yang dapat mengefektifkan waktu siswa yaitu review tentang materi sebelumnya, pengembangan ide, dan pemberian latihan terkontrol, Penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara bersiklus dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Nasional Makassar melalui pembelajaran kooperastif model Missouri Mathematics Project (MMP). Adapun hasil penelitian dari penerapan model pembelajaran  pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) telah memberi dampak yang positif yakni mampu meningkatkan hasil belajar belajar siswa. Rencana yang akan dilakukan  ialah melakukan tahapan penelitian pada Siklus III di SMP Nasional Makassar. Hal ini dilakukan agar hasil data penelitian yang diperoleh dapat lebih akurat agar semakin layak untuk dipublikasikan dan dipatenkan. Kemudian model MMP ini akan kembali diuji cobakan di sekolah lain dengan masalah sama yang dihadapi.

Key Words : Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif dan Model Missouri Mathematics Project (MMP)

 


Full Text:

PDF

References


Sarah Huzaifah. 2013. Pengaruh penggunaan model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan komunikasi siswa pada pokok bahasan kubus dan balok (studi eksperimen terhadap siswa kelas VII MTs Negeri Karang Sembung.

Sihombing, AS. 2013.Fungsi dan kedudukan matematika. http://digilib.unimed.ac.id/3948/9/9.%208106171004%20Bab%20I.pdf. Di Unduh pada 15 oktober 2016.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v3i2.1006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats