MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII PADA SMP NEGERI 6 SENGKANG TENTANG SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE INKUIRI

Penulis

  • Ambo Tuwo SMP 6 Sengkang

DOI:

https://doi.org/10.26618/jkm.v11i2.8986

Kata Kunci:

Pemahaman Siswa, Sumber Daya Alam, Metode Inkuiri

Abstrak

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPSdengan menerapkan metode inkuiri.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerapan metode inkuiri terhadappeningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa Kelas VII pada SMP Negeri 6Sengkang dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi sumber daya alam.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sengkang pada siswa Kelas VII semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan, yaitu penyajian materi dan tes akhir siklus.Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penenerapan m,etode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas VII pada SMP Negeri 6 S engkang tentang sumber daya alam, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.

Referensi

Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung

Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,

Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara

Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON ICT LEARNING OUTCOMES. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).

Hamzah B, Uno. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Iwan Setiawan, dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas VII.

Surakarta: Tiga Serangkai

Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-159.

Suryanegara, Ahmad Mansur, 1998. Sumber Daya Alam Indonseia.

Bandung: Mizan.

Diterbitkan

2022-06-13