PENGARUH LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN PANGKEP
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2627Abstrak
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran di dalam laboratorium computer terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa kelas XI MAN Pangkep, (2) tanggapan siswa terhadap pembelajaran computer di laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain. Instrument yang menggunakan adalah tes hasil belajar dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Uji instrument tes menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment Pearson dan uji reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan siswa terhadap pengaruh pembelajaran di Dalam laboratorium computer berada pada kategori baik.
Hasil posstest bahwa perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran di dalam laboratorium computer dan siswa kelas control yang diajarkan dengan model konvensional. Penerapan pembelajaran di dalam laboratorium computer mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI MAN Pangkep.
Kata Kunci: Pembelajaran di dalam Laboratorium Komputer, Hasil belajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.