EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Nur Ariandini, Hasma Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP 7 Makassar dengan media power point. Meta analisis yang menjadi jenis penelitian ini dari peneliti yang dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui pengaruh dalam penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi beberapa jurnal. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media powerpoint yang menampilkan gambar bergerak juga membuat pembelajaran menjadi semakin menarik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan skor pada tiap akhir siklus. Untuk menambah semangat peserta didik, maka pada akhir siklus diberikan penghargaan berupa ucapan selamat bagi siswa atau kelompok yang berprestasi.


Keywords


Efektivitas, Power Point

Full Text:

PDF

References


Ardianti, N. (2013). Pemanfaatan Microsoft Power Point pada Pembelajaran Luas Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Retrieved Portal Jurnal Ilmiah Universitas Tanjungpura, 3-14.

Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power Point Learning Media On Ict Learning Outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01)

Ayu, S., & Rosli, M. S. B. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 145-155.

Fakhri, M. I., Bektiarso, S., & Supeno. (2016). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN MOMENTUM , IMPULS , DAN TUMBUKAN KELAS X SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 271–277.

Hikma, N. (2017) Pengembangan (Audiovisual) Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang bagi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendas Mahakam, Vol. 4, No 2. 83-89.

Iqbal, Mirza Muhammad. (2020). Efektivitas Strategi active Knowledge Sharing dengan Media Video Power Point Berbantuan Screencast O Matic pada Pembelajaran Bangun Ruang Ditinjau dari Hasil dan Minat Belajar Kelas V SD Ngadirejo 1. Retrieved Electronic Theses and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Irawan, Deny. (2013). Keefektifan Media Slide Presentasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 06 Tegalsari Kabupaten Pemalang. Retrieved DIGILIB UNNES:

Kemendikbud. Permendikbud Tentang Implementasi Kurikulum, Pub. L. No. No. 81A (2013). Republik Indonesia.

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017 / 2018, (June). https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.519

Ma’rifah, M., & Sumadi. (2014). Pengaruh Penerapan Media Power Point Dalam PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 3(1), 96–103.

Minfadhillah, Wahida. (2012). Komparasi Pengaruh Multimedia Power Point dan Media Polyhedron terhadap Konsep Matematika Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV Se-gugus Ki Hajar Dewantara Karangtengah Wonogiri Tahun Ajaran 2011//2012. Retrieved UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret:

Muhtarom. (2017). Penerapan Media Audio Visual Macromedia Flash dan Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 145-154. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol. 4, No 2.

Muryani, A. D., & Rochmawati. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning yang Berbantuan dan Tanpa Berbantuan Lembar Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1).

Nasir, N., Akram, A., Ayu, S., Hambali, U., & Ikbar, I. (2022). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Guru Di Desa Balibo Kecamatan Kindang. Patikala: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 469-473.

Rahayu, Dewi Puji., Suryandari, Kartika Chrysti., & Joharman. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Media Power Point dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar. Retrieved Kalam Cendekia PGSD Kebumen

Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.

Wicaksono, D. S., & Hakim, F. N. (2012). Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Fisika Kapasitor, XML Flash. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed (IJCSS), 9(3), 128–135.

Yunianti, Evie. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Materi Keliling dan Luas Mata Pelajaran Matematika melalui Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Siswa Kelas IV MI Islamiyah Kauman Kidul Kota Salatiga Tahun 2015. Retrieved IAIN SALATIGA




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i3.9442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)