PENGGUNAAN DIGITAL BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Nita Marselina, Muhammad Nawir, Ridwan Daud mahande

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Digital Book berbasis web offline dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 36 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan teknik tes. Analisis data menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa skor yang di peroleh adalah sebesar 0,7 yang berada pada kategori tinggi, dan penggunaan digital Book berbasis web offline di peroleh nilai efektivitas sebesar 77,4%, sehingga dapat di simpulkan bahwa penggunaan digital Book berbasis web offline sangat efektif dalam menunjang mata pelajaran Sejarah, karena digital Book berbasis web offline ini mudah di akses tanpa koneksi internet. Dengan demikian penggunaan digital Book berbasis web offline efektif dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Makassar.

Keywords


Kata kunci: Digital Book, Web Offline, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Ainina. 2014. Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran

Sejarah. Ijhe (Indonesian Journal Of History Education), Vol.3. No.1

Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power

Point Learning Media On ICT Learning Outcomes. Jurnal Galeri

Pendidikan, 1(01).

Arsyad. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ausubel, D. 2010. Educational psychology: a cognitive view. New York: Holt, Rinehart

and Winston

Ayu, S., & Rosli, M. S. B. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA

(Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas

keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 145-155.

Azizah, Riza Mufidah. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web

offline Pada Pelajaran Ipa Matei Bumi Dan Gerakannya Kelas VI MI

Miftahul Huda Ngasem Ngajum Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakulultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

I Gde Widja. 2010. Sejarah Lokal Suatu Perspektif Dalam Pengajaran Sejarah.

Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kahar. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajarn Berbasis Web offline

Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII Mts DDI Cilellang.

Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Tarbiyah dan

Keguruan UIN Alauddin Makassar. Makassar.

Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan

Dasar dan Menengah

Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil

Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal

Kependidikan Media, 11(2), 65-74.

Seamolec. 2013. Buku Sumber Simulasi Digital Versi September 2013: Upaya Mengkomunikasikan Gagasan Atau Konsep Melalui Presentasi Digital. Jakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i3.9406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan Media

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)