PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS NEGERI 4 BULUKUMBA

Dedi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Mts Negeri 4 Bulukumba, dengan masalah penelitian “Apakah ada pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Mts Negeri 4 Bulukumba?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk pretest postetst kontrol grub design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Mts Negeri 4 Bulukumba Kelas VII B dan VII C. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi langsung tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran outdoor learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi objek ilmu pengetahuan alam dan pengamatannya yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan melalui uji hipotesis yakni 0,765 > 0,686 dibuktikan dengan analisis yang menyatakan bahwa nilai Sig < α yaitu 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian,  ditolak dan  diterima

Full Text:

PDF

References


Amprhy Hidayah. 2015. Pengaruh metode pembelajaran diluar kelas (outdoor learning) terhadap hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa smp negeri 1 sumbergempol tulung agung. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Islam Iain Tulung Agung.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Helius Syamsuddin, dkk, Sejarah Pendidikan Indonesia Dizaman Kemerdekaaan (1945-1966).

Muhammad Kristiawan, Menejemen Pendidikan ( cet 1: Yogyakarta: deepublish, 2017) hal.2

Muhammad User Usman, Menjadi Guru Professional (cet 2 bandung: PT. Remaja Rosda Karya 1990) hal.1

Murselio dan Nasution, Mengajar Dengan Sukses (Successful Reaching).

Permediknas, No, 22 tahun 2006.

Riduwan 2014. Dasar-dasar Statistika Bandung: Alfabeta

Sarlota Ijie. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa xb pada materi klasifikasi makhluk hidup di Sma Ypk Bathel

Sugiyono 2011, Metode Penelitian pendidikan (penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D) Bandung: Alfabeta.

Sugiyono 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualiatatif dan R+D) Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2017. Metodologi penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode penelitian & pengembangan.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, Dan kombinasi Bandung: Alfabeta

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2019. Pedoman penulisan skripsi.

UU Nomor 20 tahun 2013, Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 39.

UU, Sistem Pendidikan Nasional (cet IV Jakarta: Sinar Grafika, 2011) hal. 3 Muhammad Kristiawan OP. cit hal. 2




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.7999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)