UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SDN 15 PESENG TENTANG EKOSISTEM MELALUI IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT

Masita Masita

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2018 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan, prestasi belajar, dan sikap positif siswa Kelas VI pada SDN 12 Peseng dalam pembelajaran IPA.

Penelitian Tindakan Kelas VI dilaksanakan di SDN 15 Peseng pada siswa Kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.  Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script  dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas VI pada 15 Peseng dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran IPS khususnya pada materi ekosistem


Full Text:

PDF

References


Agus, Surachmat. Model Pembelajaran Inkuiri. Jakarta: Rosdakarya

Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung: FIP IKIP Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta

Danim, Sudarwan. 1975, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah. 2001. Efektivitas Media Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya.

Hidayat, Agus. 2001. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Angkasa.

Kolamalasari, Kokom. 2000. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Refika Aditama.

Panjaitan, Theodora. 1995. Pemilihan Metode dalam Pembelajaran. Surakarta: Tiga Serangkai.

Pribadi, Sikum, 1981, Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2001. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v10i2.7958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)