IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SERAM UTARA BARAT KABUPATEN MALUKU TENGAH
Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action recearch) yang meliputi tahapan-tahapan pelaksanaan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. dengan tujuan untuk mengetahui meningkatnya motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah dengan model pembelajaran Assure.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis secara kualitatif Artinya data yang diperoleh dari pelaksanaan observasi akan dianalisis secara kualitatif dan Analisis secara kuantitatif.
Ketuntasan belajar siswa kelas X,1 SMA Negeri 1 Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah pada siklus I terdapat 3 orang termasuk dalam kategori belum tuntas dan sebanyak 25 orang termasuk dalam kategori tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 28 orang yang masuk kategori tuntas. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran Assure dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Seram Utara Barat selama proses pembelajaran berjalan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Assure, Motivasi Belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2643
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)