PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TATA USAHA TERHADAP PELAYANAN PRIMA DI SMA NEGERI 1 MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA

Jina Hariani

Abstract


ABSTRAK : Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh tingkat pendidikan tata usaha sekolah terhadap pelayanan prima di SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan tata usaha sekolah terhadap pelayanan prima di SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara.

Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif yang bersifat desain deskriptif. prosedur penelitian meliputi observasi, pembagian angket, wawancara serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X,XI dan XII SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini, koefisien determinasi total menunjukan nilai sebesar 0,027%. Nilai itu mengindikasikan bahwa 0.027% pengaruh dari variabel dependen yang dalam hal ini adalah pelayanan prima di pengaruhi oleh tingkat pendidikan. Sedangkan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat pendidikan seorang tenaga tata usaha sekolah mempengaruhi pelayanan dan kinerjanya, seoarang tenaga tata usaha di tuntun untuk memiliki pendidikan tinggi agar dapat meningkatkan pelayanannya, 2) manfaat yang di peroleh dari suatu pendidikan yakni dapat mengembangkan potensi dan kreatifitas tenaga tata usaha di sekolah SMA Negeri 1 Malangke Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara, serta 3) kendala yang dihadapi dalam penelitian ini yakni masih rendahnya pendidikan dari seorang tenaga tata usaha, seperti adanya tenaga tata usaha yang berpendidikan SMP, sedangkan tata usaha di tuntut harus serba bisa di bidangnya masing-masing, 4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi itu yakni kepala sekolah memberikan kesempatan kepada tenaga tata usaha untuk melanjutkan pendidikan kembali atau mengikuti pelatihan-pelatihan untuk tata usaha.

 

Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Tata usaha, dan pelayanan prima

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)