HUBUNGAN DAYA SERAP DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN NO 01 CENTRE PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR
Abstract
ABSTRAK : Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan Daya Serap dengan peningkatan prestasi belajar siswa SDN No 01 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model asosiatif. Sampel dari penelitian ini adalah 12 siswa yang diambil dari 3 kelas secara acak. Metode pengumpulan data yaitu melalui angket yang berjumlah 15 butir pertanyaan untuk penggunaan Daya Serap maupun prestasi belajar.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang segnifikan antara penggunaan Daya Serap dengan Prestasi Belajar Siswa. Hasil analisis korelasi menunjukan hasil r hitung 0,635 yang berarti penggunaan Daya Serap sangat berpengaruh secara signifikan dengan Prestasi Belajar siswa SDN No 01 Centre Pattallassang. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinan r² sebesar 40,32%. Artinya hubungan penggunaan daya serap dengan peningkatan prestasi belajar siswa memberikan konstribusi sebesar 40,32% dan 59,68% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: penggunaan daya serap, peningkatan prestasi belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2633
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)