PENGARUH KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS. NEGERI REOK KABUPATEN MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR

syarifuddin anwar

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap hasil belajar siswa MTs. Negeri Reok Reok Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian regresi linier sederhana yang melibatkan dua variabel yaitu Variabel bebas Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan variabel terikat hasil belajar siswa di MTs.Negeri Reok Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket (kuesioner) untuk mengumpulkan data tentang penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dicari nilai dalam rapor siswa. dengan jumlah soal untuk tes angket sebanyak 20 item soal pernyataan. Pengolahan data yang dilakukan penulis dalam hal ini adalah dengan menggunakan statistik deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis inferensial, untuk hasil analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis product moment diperoleh rhitung = 0,0013 lebih besar dari rtabel = 0,312 dan dengan cara regresi linier sederhana diperoleh thitung = 0,008 lebih kecil dari ttabel= 0,320 dengan taraf kesalahan α = 0,05 berarti pengujian signifikan, sehingga H0 ditolak atau H1 diterima.

Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa “tidak terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan antara penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendikan (KTSP) terhadap Hasil Belajar Siswa MTs. Negari Reok Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur”.

 

Kata Kunci : Penerapan KTSP dan hasil belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)