PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PANDAWAI
Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap kualitas hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Pandawai.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B sebanyak 22 orang yang terdiri dari 12 Laki-laki dan 10 Perempuan dan IX.C sebanyak 22 orang yang terdiri dari 10 Laki-laki dan 12 Perempuan SMP Negeri 2 Pandawai. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas 2 bagian yaitu wawancara pengambilan data. Wawancara melibatkan semua elemen sekolah dengan 5 poin pertanyaan sedangkan pengambilan data melibatan masing-masing guru mata pelajaran dengan mengambil nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) saat penerapan Kurikulum 2013 dan KTSP. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis tersebut adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa pada saat penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendiikan (KTSP) berada pada kategori sedang yaitu nilai rata-rata 65,20 dengan nilai tertinggi 89,00 dan nilai terendah 37,00. (2) Hasil belajar siswa pada saat penerapan kurikulum 2013 berada pada kategori tinggi yaitu nilai rata-rata 74,07 dengan nilai tertinggi 93,00 dan nilai terendah 48,00. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa penerapan kurikulum 2013 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas hasil belajar siswa (mengalami peningkatan).
Kata kunci: Kurikulum 2013, Kualitas Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2628
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)