PENGARUH LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN PANGKEP

Shafirah Kairina

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran di dalam laboratorium computer terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa kelas XI MAN Pangkep, (2) tanggapan siswa terhadap pembelajaran computer di laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain. Instrument yang menggunakan adalah tes hasil belajar dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Uji instrument tes menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment Pearson dan uji reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan siswa terhadap pengaruh pembelajaran di Dalam laboratorium computer berada pada kategori baik.

Hasil posstest bahwa perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran di dalam laboratorium computer dan siswa kelas control yang diajarkan dengan model konvensional. Penerapan pembelajaran di dalam laboratorium computer mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI MAN Pangkep.

 

Kata Kunci: Pembelajaran di dalam Laboratorium Komputer, Hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)