PENGARUH DESENTRALISASI PENDIDIKAN TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 1 SINJAI TIMUR

nuni anggriani

Abstract


ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh desentralisasi pendidikan terhadap penigkatan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Sinjai Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian expost facto. Responden adalah Guru SMP Negeri 1 Sinjai Timur sebanyak 40 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung persentase per item, per indikator dan uji statistik.

Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan interpretasi data terhadap angka indeks korelasi product moment, melalui interpretasi dengan cara sederhana atau secara kasar terhadap rxy . ternyata angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,747), yang berkisar antara 0,600 – 0,800 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesa ternyata nilai thit (4,711) lebih besar dari pada ttab (yang besarnya 0,320). Karena thit lebih besar dari ttab maka hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Adapun pengaruh desentralisasi pendidikan terhadap peningkatan profesionalisme guru sebesar 55,8%.

                                               

Kata Kunci : Pengaruh desentralisasi pendidikan, Profesionalisme guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i1.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)