PERAN KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA GURU SDN RAPPOJAWA 71 KEC. TALLO KOTA MAKASSAR

mardiati mardiati

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian dengan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kinerja guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran murid di SDN Rappojawa 71 Kec. Tallo Kota Makassar. Subyek dari penelitian ini adalah semua guru di SDN Rappojawa 71 Kec. Tallo Kota Makassar. Pengumpulan data penelitian ini ditempuh dengan teknik angket dan dokumentasi. Setiap butir angket diberi bobot pilihan jawaban a, bobotnya 4, pilihan jawaban b, bobotnya 3, pilihan jawaban c, bobotnya 2, dan Pilihan jawaban d, bobotnya 1.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan mengenai peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kinerja guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran murid di SDN Rappojawa 71 Kec. Tallo Kota Makassar sangat baik Sesuai dengan nilai skor rata-rata yaitu jumlah skor keseluruhan dari jawaban responden dibagi dengan jumlah responden yaitu diperoleh nilai presentase 5,27%. Berdasarkan uraian diatas berada pada inteval 46-60 berarti sangat baik. maka dibuatkan tabel distribusi frekuensi dan persentase dengan membagi ke dalam 4 kategori dengan skor tertinggi adalah 4 x 15 = 60 dan terendah adalah    1 x 15= 15 sehingga diperoleh interval yaitu 15. Jadi pengkategoriannya yaitu: tidak baik (0-15),  kurang baik (16–30), cukup baik (31–45), dan sangat baik (46–60).

 

Kata Kunci : Peran kepemimpinan kepala sekolah, Disiplin kinerja guru.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v5i1.2611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA : TEKNOLOGI PENDIDIKAN



 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)