Pengaruh Media Digital Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah

Eka Ariaty, Nur Ariandini, Evi Alfira, Ulul Azmi Mustari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media digital interaktif terhadap motivasi belajar siswa sekolah menengah. Latar belakang penelitian ini didasari oleh semakin meluasnya penggunaan teknologi dalam pendidikan, khususnya media digital interaktif seperti aplikasi pembelajaran berbasis web, simulasi, dan game edukatif yang diyakini dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei eksplanatori. Sampel terdiri dari 180 siswa SMA kelas X dan XI di Kota Makassar yang telah menggunakan media digital dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui angket berbasis model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) serta wawancara pendukung. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa media digital interaktif memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan koefisien determinasi sebesar 41,2%. Selain itu, korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif yang kuat antara kedua variabel. Temuan ini diperkuat dengan data kualitatif dari guru dan siswa yang menyatakan bahwa media digital membuat pembelajaran lebih menarik, relevan, dan membangkitkan semangat belajar. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan perangkat dan kesiapan guru dalam memanfaatkan teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media digital interaktif merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan disarankan agar sekolah terus mengintegrasikan teknologi ini secara optimal dalam proses pembelajaran.

Keywords


media digital interaktif, motivasi belajar, siswa sekolah menengah, pembelajaran berbasis teknologi

Full Text:

PDF

References


Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 107-116.

Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The influence of the application of power point learning media on ict learning outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01), 479.

Ayu, S., & Ramly, R. A. (2024). Pengaruh Model Mixed Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 4(1), 30-36.

Keller, J. M. (2020). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach (2nd ed.). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-40220-4

Kurniati, R., & Ramly, R. A. (2022). Development of macromedia flash module in the learning media course faculty of teacher training and education university of pejuang republik Indonesia. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(2), 366-384.

Noer, R. Z., Mustopa, D., Ramly, R. A., Nursalim, M., & Arianto, F. (2023). Landasan Fılosofıs Dan Analısıs Teorı Belajar Dalam Implementası Kurıkulum Merdeka Dı Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1559-1569.

Pratama, I. G., Hanif, M., Ramly, R. A., & Khotimah, D. K. (2023, July). Pengembangan media belajar pjok berbasis aplikasi smart learning di masa pandemi. In SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi Dan Pengembangan Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

Rahmadani, T. S., & Nugroho, R. A. (2023). Tantangan dan Strategi Implementasi Media Digital dalam Pembelajaran Daring dan Hybrid di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(2), 112–121. https://doi.org/10.23887/jptk.v7i2.54260

Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-â.

Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.

Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.

Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.

Ramly, R. A., & Latiff, Z. A. (2021). Secondary Teachers Perception on the Effectiveness of Google Classroom As a Learning Medium During Movement Control Order (MCO). Journal of Media and Information Warfare, 14(1), 1-10.

Ramly, R. A., Ariaty, E., & Ariandini, N. (2025). IMPLEMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Kependidikan Media, 14(1), 1-13.

Ramly¹, R. A., & Alfadil, M. T. Jurnal Galeri Pendidikan.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and Extrinsic Motivation from a Self-Determination Theory Perspective: Definitions, Theory, Practices, and Future Directions. Contemporary Educational Psychology, 61, 101860. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860

Sari, N. M., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Media Digital Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 89–98. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i2.30120

Sulastri, D., Nurhayati, & Ananda, A. (2021). Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan Media Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 45–56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.34171.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v14i2.19006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eka Ariaty, Nur Ariandini, Evi Alfira, Ulul Azmi Mustari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)