PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MAKALE SELATAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Randiys Oktavianus, Anastasia Baan

Abstract


Minat belajar Bahasa Indonesia merupakan suatu sifat pada diri siswa yang membawa pengaruh terhadap hasil belajar siswa, sebab dengan minat siswa akan termotivasi untuk mempelajari materi Bahasa Indonesia yang diberikan. Sebaiknya , tanpa minat siswa tidak mungkin melakukan sesuatu atau belajar dengan baik. Minat juga juga merupakan bentuk rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas. Siswa yang berminat kepada pelajaran akan tampak termotivasi terus untuk tekun belajar, berbeda dengan siswa yang sikapanya hanya menerima pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan; (2) hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan. 

Penenlitian ini mengunakan rancangan ekperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan. Sampel penelitian diambil dari semua anggota populasi atau seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah siswa 71 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes uraian data penelitian diambil dengan menggunakan : (1) instrumen tes hasil belajar berbentuk uraian tes dengan jumlah 6 item; (2) instrumen minat belajar berbentuk angket dengan 25 item. Persyaratan instrument tes meliputi 2 hal yaitu: (1) validitas instrument tes dan (2) reliabilitas instrument tes. Untuk pengolahan data hasil penelitian digunakan SPSS.21 dengan 2 macam bentuk teknik, yaitu teknik Statistic Deskriptif dan teknik Statistik Inferensial. Hasil analisis statistic deskriptif menunjukkan bahwa : (1) minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan termasuk cukup dengan rata-rata 72,48, standar deviasi 5,29 ; (2) hasil belajar Bahasa Indonesia yang diperoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan termasuk sedang atau cukup dengan rata-rata 65,46 dan standar deviasi 7,79. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai probabilitas (sig)= 0,000 dan nilai taraf signifikansi α = 0,05, nialai probabilitas(sig) tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai taraf signifikansi α = 0,05. Jika nilai probabilitas (sig) < α, maka ditolak. Ternyata 0,000 < 0,05 dengan demikian   ditolak dan diterima, sehingga kesimpulannya “ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan. 

Berdasarkan hasil penelitian ini , disarankan : (1) Untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan maka diharapkan guru dapat memotivasi siswa agar minat belajar siswa dapat miningkat karena dengan demikian hasil belajar juga akan meningkat, (2) Disarankan kepada peneliti lain agar dapat mengadakan penelitian lanjutan yang berhubungan dengan variabel yang diteliti dalam penelitian ini agar diperoleh kajian yang lebih baik sehingga diperoleh manfaat peneliti yang lebih memuaskan.


Keywords


Minat, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Ampanggallo,F 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sopai, Skripsi: UKI TORAJA.

Arikunto.2010.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Dimyanti & Mudjiono 2009.Belajar dan Pembelajaran . Jakarta : Rineka Cipta

Doni, E, Sirait.2016.Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika, (Online),(https://media.neliti.com, diakses 29 Oktober 2019).

Eka, Y 2010. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Tira Rantetayo, Skipsi: UKI TORAJA.

Khairani, M 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Sardiman.1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarata PT Raja GrafindoPersada

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Syah, m 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Usman & Akbar. 2011. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v13i3.17923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Randiys Oktavianus, Anastasia Baan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)