Pemahaman Peserta Didik terhadap Puisi Rakyat melalui Pendekatan Etnopedagogik

Amsaliagusnawati Amsaliagusnawati, Rita Tanduk, Resnita Dewi, Elisabet Mangera

Abstract


Pemahaman peserta didik terhadap puisi rakyat menjadi aspek penting dalam pembelajaran sastra, terutama dalam upaya pelestarian budaya dan penguatan nilai-nilai lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan etnopedagogik dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap puisi rakyat. Pendekatan etnopedagogik menekankan pada integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik tidak hanya memahami struktur dan makna puisi rakyat tetapi juga menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen dari pembelajaran yang menerapkan pendekatan etnopedagogik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dalam memahami puisi rakyat, memperkuat hubungan mereka dengan budaya lokal, serta meningkatkan kemampuan interpretasi terhadap nilai-nilai kearifan yang terkandung dalam puisi rakyat. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan pendekatan etnopedagogik dalam pembelajaran sastra dapat menjadi strategi yang efektif dalam membangun kesadaran budaya dan literasi sastra peserta didik.


Keywords


pemahaman peserta didik, puisi rakyat, pendekatan etnopedagogik, literasi sastra

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. (2017). Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research (5th ed.). SAGE Publications.

Haryati, S. (2020). "Etnopedagogik dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(1), 45–58.

Hidayat, R. (2022). "Pengaruh Etnopedagogik terhadap Pemahaman Sastra Lisan di Kalangan Siswa." Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, 45–52.

Krippendorff, K. (2019). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (4th ed.). SAGE Publications.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Spradley, J. P. (2016). The Ethnographic Interview. Waveland Press.

Suryadi, Y. (2021). "Implementasi Pendekatan Etnopedagogik dalam Pembelajaran Sastra untuk Meningkatkan Literasi Budaya." Jurnal Pendidikan dan Budaya, 15(2), 123–140.

Susanto, A. (2021). "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Apresiasi Sastra." Jurnal Pendidikan Sastra Indonesia, 10(3), 78–92.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2023). "Puisi Rakyat dalam Konteks Pendidikan Karakter." Diakses dari https://badanbahasa.kemdikbud.go.id

Kemdikbud RI. (2022). Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran Sastra. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v13i2.17918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Amsaliagusnawati Amsaliagusnawati, Rita Tanduk, Resnita Dewi, Elisabet Mangera

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)