Evaluasi Model CIPP Berbasis SPADA Pada Mata Kuliah Dasar Umum Di Universitas Wijaya Putra

Surya Priyambudi, Bachtiar Sjaiful Bachri, Irena Yolanita Maureen

Abstract


Proses pembelajaran daring pada pendidikan tinggi tentu saja memiliki tantangan tersendiri, salah satu kendala yang dialami mahasiswa saat menjalani perkuliahan secara daring adalah jaringan internet yang tidak stabil terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pelosok. Dalam menggunakan model CIPP, yang mencakup context, input, process, and product, untuk menilai pembelajaran melalui sistem pembelajaran daring pada mata kuliah dasar umum. Karena model CIPP lebih bersifat umum, maka penelitian ini bertujuan untuk menggunakannya. Komponen-komponen yang ada di dalam model CIPP ini semuanya bertahap-tahap dan saling memiliki keterkaitan secara dinamis serta tidak berdiri sendiri. Keterbaruan penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, and Product) dalam penelitian pendidikan terutama dalam pengembangan sumber daya manusia yaitu dosen dan mahasiswa dalam penggunaan sistem pembelajaran daring pada mata kuliah dasar umum di Universitas Wijaya Putra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penilaian paling deskriptif. Desain penelitian dan evaluasi kualitatif ini bersifat deskriptif dan langkah pengumpulan dan analisis datanya dilakukan secara sistematis dan terpadu. Deskripsi dan prosedur dilakukan untuk menentukan nilai dan manfaat pekerjaan. Penelitian melibatkan menjawab pertanyaan dan menguji serta menguji hipotesis. Data penelitian diperoleh dari responden yaitu 670 mahasiswa dan 20 dosen mata kuliah dasar umum Universitas Wijaya Putra. Data diperoleh dari literatur berupa rencana belajar mingguan (RPS), nilai dan menggunakan sistem pembelajaran daring (SPADA). Berdasarkan hasil analisis, penerapan model CIPP berbasis SPADA pada MKDU di Universitas Wijaya Putra dapat dikatakan kuat dan baik. Implementasi model CIPP ini sesuai dengan tujuan evaluasi pembelajaran, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, penilaian produk. Hasil dari implementasi model CIPP berbasis SPADA pada MKDU di Universitas Wijaya Putra dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil keseluruhan indikator evaluasi yang dilakukan, yaitu evaluasi context, evaluasi input, evaluasi process, dan evaluasi product. Dari keempat evaluasi, diperoleh nilai rerata 0,90 evaluasi context (tujuan), 0,83 evaluasi input (rencana), 0,84 evaluasi process (tindakan), dan 0,89 evaluasi product.

Keywords


Evaluasi CIPP; SPADA; Mata Kuliah Dasar Umum; Mahasiswa; Dosen

Full Text:

PDF

References


Alanoglu, M., Aslan, S., & Karabatak, S. (2022). Do teachers’ educational philosophies affect their digital literacy? The mediating effect of resistance to change. Education and Information Technologies, 27(3). https://doi.org/10.1007/s10639-021-10753-3

Ariani Wirahayu, Y., Nurwahyuni, G., Rosyida, F., & Soelistijo, D. (2022). The Effect of Hybrid Project-Based Learning Using Animated Videos on Creative Thinking Skills in Senior High School. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i16.12178

Cahyadi, A. (2021). Editorial Note: Implementasi dan Evaluasi Project-Based Learning. MAKSIMA: Jurnal Teknologi Pendidikan …, 1(1)

Chua, K. J., & Islam, M. R. (2021). The hybrid Project-Based Learning–Flipped Classroom: A design project module redesigned to foster learning and engagement. International Journal of Mechanical Engineering Education, 49(4). https://doi.org/10.1177/0306419019838335

Dwi Apriyanto. (2022). Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran Menurut Perspektif Filsafat Pendidikan Progresivisme [Universitas Gadjah Mada]. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/219168

Elisabeth Rukmini, & Maria Magdalena Wahyuni Inderawati. (2020, May 12). Riset: online learning sebagai masa depan pendidikan tinggi Indonesia selepas pandemi. Https://Theconversation.Com/Riset-Online-Learning-Sebagai-Masa-Depan-Pendidikan-Tinggi-Indonesia-Selepas-Pandemi-138214.

Henra, K., Tayibu, N. Q., & Masliah, I. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Asynchronous Terhadap Tingkat Pemenuhan CPMK Statistika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8537

Ismanto, E., Vitriani, & Khairul Anshari. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul untuk Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.3628

Kurnia, N., Astuti, S. I., Kusumastuti, F., Monggilo, Z. M. Z., Prananingrum, E. N., & Adikara, G. J. (2021). Seri Modul Literasi Digital Kominfo-Japelidi-Siberkreasi. Kominfo.

Made Juniantari. (2023). Analysis of the Condition of Knowing About Knowledge and Its Implementation in 21st Century Education. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3).

Martín, C., Moreno Segarra, I., Ibáñez, M. A., Mira, S., Fajardo, C., & González-Benito, M. E. (2021). Effectiveness of a Hybrid Project-Based Learning (H-PBL) Approach for Students’ Knowledge Gain and Satisfaction in a Plant Tissue Culture Course. Education Sciences, 11(7), 335. https://doi.org/10.3390/educsci11070335

Oflaz, M., Yelkin, A., Coşkun, D., & Bolat, Ö. (2022). The Effects of the Technology-Integrated Writing Lessons: CIPP Model of Evaluation. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 21(1).

Priyambudi, S., & Murdani, M. H. (2020). The Development of E-Learning Model for College Students in the Industrial Era 4.0. Journal of Education and Practice, 11(31), 68–78. https://doi.org/10.7176/jep/11-31-09

Priyambudi, S., Setyowati, Y., & Murdani, M. H. (2022). Pengembangan Virtual Class Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 8(2), 126–135. https://doi.org/10.21107/edutic.v8i2.13853

Rani, T. P. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEANRNING DALAM PERSPEKTIF ONTOLOGI DAN EPISTEMOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i1.1956

Saputra, D. I., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LOGIKA FUZZY. Innovation of Vocational Technology Education, 9(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i1.5089

Thamrin, T., Hutasuhut, S., Suharianto, J., & Aditia, R. (2022). Project-Based Hybrid Learning; Effectiveness, Quality of Writing A Thesis Proposal, Independence, and Learning Satisfaction. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 3(6). https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i6.257

Waryani Fajar Riyanto. (2021). Filsafat Digital Integral: Reformulasi Program Literasi Digital Nasional di Era Pandemi Covid-19 di Indonesia. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 9(2)




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v14i1.17445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Surya Priyambudi, Bachtiar Sjaiful Bachri, Irena Yolanita Maureen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)