Kesulitan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Digital

Winda Pratiwi, Hasma Dewi

Abstract


Pergeseran era menjadi era digital terjadi beberapa tahun terakhir menyebabkan adanya perkembangan media pembelajaran berbasis teknologi digital yang cepat dan variatif. Hal ini seharusnya dapat menjadi dorongan bagi guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi digital dalam pembelajaran matematika. Namun, guru masih mengalami berbagai kesulitan dalam mewujudkan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika berbasis digital. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian terdiri dari guru kelas X SMAN 14 Gowa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat kesulitan yang dialami guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika berbasis digital. Kesulitan tersebut yaitu kesulitan dalam menyediakan fasilitas teknologi, kesulitan dalam menyesuaikan aplikasi dengan materi pembelajaran, kesulitan dalam merancang media pembelajaran menggunakan aplikasi matematika, dan kesulitan dalam manajemen waktu.


Keywords


guru; media pembelajaran matematika; teknologi digital

Full Text:

PDF

References


Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129.

Al Kahfi, M., & Widiyastuti, D. (2017). Kajian Ketersediaan dan Pola Distribusi Fasilitas Pendidikan Sekolah Menengah Atas/ Sederajat di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Bumi Indonesia, 6(2), 1–8.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Angkat, A. M., Simorangkir, A. D., Siboro, E. S., Sitompul, J. H., & Manalu, R. (2024). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Sekolah terhadap Konsentrasi dan Produktivitas Belajar Siswa di SMP Negeri 17 Medan. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(5), 2103–2107.

Arif, S., Rachmedia, V., & Pratama, R. A. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 435–446.

Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 107-116.

Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal Of Education, 2(1), 64–73.

Basri, D., & Suryana, D. (2023). Analisis Tantangan dan Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 709–718.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01–17.

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138–146.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811–819.

Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216.

Sadiku, M. N. O., Shadare, A. E., & Musa, S. M. (2017). Digital Education. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 3(1), 64–65.

Setyowati, L., & Nasir Ahmad, D. (2021). Pemanfaatan Big Data Dalam Era Teknologi 5.0. Abdine: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 117–122.

Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Sagacious : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 9(1), 24–35.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhaifi, A., Rufi’i, R., & Karyono, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220–230.

Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., Prastyo, H., Sari, D. P., Syukriani, A., … Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi MAN Rejang Lebong). Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(3), 263–274.

Yasto, P. H., & Fatimah, M. (2024). Administrasi Guru dan Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 1–18.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v13i2.15497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Winda Pratiwi, Hasma Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Jurnal Kependidikan Media Stats

Flag Counter

 


Lisensi Creative Commons

Kromatin: Jurnal Kependidikan Media  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)