Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Abstract
Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diharapkan dapat mengatasi kesulitan–kesulitan siswa dalam belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berdampak terhadap peningkatan kualitas pembelajaran yang mencakup kualitas proses dan kualitas hasil belajar. Penelitian tindakan kelas dengan tahapan–tahapan sebagai berikut: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi, Yang terdiri dari tiga siklus. Data dikumpulkan melalui instrumen yang disusun oleh peneliti yang terdiri dari: (1) catatan anekdot, (2) catatatan lapangan mencakup deskripsi reperensi misalnya pelajaran yang lebih baik, perilaku, dan (3) analisis dokumen. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan membandingkan skor tes siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa kelas VII-A SMP Negeri 16 Mandai Kabupaten Maros hasil belajarnya meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang mencapai tutas belajar setiap siklus meningkat. Pada akhir siklus ketiga siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan KKM 70 adalah 90%, sedangkan siswa yang mendapat skor di bawah standar ketuntasan adalah 10%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiningrati, Hermin. 1998. Pengembangan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Pada Pengajaran Fisika di SMU. Tesis. IKIP Surabaya
Darmawati, A., Marwan, M., Suhenrik, P., Ramly, R. A., & Salam, S. (2023). Adaptive Learning in the Independent Curriculum: Integration of Behavioristic, Cognitive and Constructivist Theories in Educational Technology. International Journal of Education, Vocational and Social Science, 2(04), 255-265.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Jaya
Djamarah dan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Emildadiany, N. 2008. Penataan Tempat Duduk Siswa Sebagai Bentuk
Hamzah Yusuf, 2022. Kiat A Sampai Z Menjadi Guru Keren ; Makassar, Cendekia Publisher.
Hamzah, Yusuf, 2018. Kiat “A” Sampai “Z” Mendesain Jitu Penelitian Tindakan Kelas: Jogyakarta, Al Muflihun Publishing.
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Program Pasca Sarjana Unesa
Ibrohim, Muslimin dkk. 2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press Lie,Anita.2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia
Pengelolaan Kelas Persiapan Mengajar. Jakarta: Universitas Kuningan
Percivel, Fred. Ellington, Henry (terjemahan Sudjarwo). 1998. Teknologi Pendidikan.Jakarta: Erlangga
Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.
Slavin, E Robert. 1995. Cooperative Learning :Theory, Research, And Practice, New Jersey: Prentice Hall
Sudjana,Nana. 2001. Penilaian Hasil Dan Proses Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf, 2019. Kiat A sampai Z Menjadi Guru Primadona, Jogyajkarta, Al Muflihun Publishing.
DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.15475
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yusuf Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Jurnal Kependidikan Media Stats
Kromatin: Jurnal Kependidikan Media is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Educational Technology Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (p-ISSN 2089-8444, e-ISSN 2964-7355)