TERITORIALITAS RUANG PADA PERMUKIMAN KAMPUNG MELAYU KOTA MAKASSAR

Andi Annisa Amalia, Citra Amalia Amal

Abstract


Pemanfaatan ruang permukiman di Kampung Melayu Kota Makassar khususnya pada hunian dengan tingkat kepadatan tinggi, secara tidak sadar mengarahkan penghuni mensetting ruang luar sebagai area yang dimilikinya (teritori). Latar belakang utama pembentuk teritori tersebut diantaranya legalitas, lama menghuni, aktivitas dan persepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui batas teritori yang diterapkan dan karakteristiknya pada Kampung Melayu Kota Makassar. Metode  penelitian yang digunakan adalah rasionalistik. hasil penelitian membahas batas teritori fisik dan non fisik. Sedangkan karakteristik teritorialitas ruang adalah berbentuk persegi (square), memanjang (linear), berdasarkan waktu, aktivitas, dan latar belakang budaya masyarakat.

Keywords


Permukiman, Teritorialitas, Batas, Fisik, Karakteristik

Full Text:

PDF

References


Burhanuddin. 2010. Karakteristik Teritorialitas Ruang pada Permukiman Padat di Perkotaan. Jurnal Ruang Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Tadulako, 2 (1): 40.

Dewinna Farah Puspita dan Angger Sukma Mahendra. 2017. Teritori Feminisme pada Kantor dan Apartemen. Jurnal Sains dan Seni Pomits, 6 (2): .

Halim, D. 2005. Psikologi Arsitektur. Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta

Redi S.F., Lisa D.W., Herry S. 2017. Pola Spasial Teritori pada Lanskap Hunian Masyarakat Peladang Desa Juruan Laok Madura Timur. Jurnal Teknik Arsitektur ARTEKS, 2 (1).

Sofian D.A., 2015. Adaptasi Teritorialitas pada Permukiman Horizontal ke dalam Permukiman Vertikal. Jurnal Temu Ilmiah IPLBI 2015.

Tamiya M., Saada K, Dewi, et.al. 2015. Teritorialitas Masyarakat Perumahan Menengah ke Bawah, Studi Kasus : Perumahan Sukaluyu, Cibeunying Kaler, Bandung. Program Studi Magister Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung. Prociding Temu Ilmiah IPLBI 2015 , C 096: 6.

Widjaja & Pele. 2007. Teritorialitas Domestik Rumah pada Dua Kampung di Kota Bandung. Disertasi Program Studi Arsitektur ITB. Bandung: Program Pascar¥sarjana.....

Dokumen Rencana Penataan Lingkungan Permukiman Kelurahan Melayu Kota Makassar. 2017. Program KOTAKU. Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Kota Makassar dalam Angka 2017. Penerbit BPS Kota Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v1i1.1319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 LINEARS : Jurnal Teknik Arsitektur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Linears is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats