Penerapan Konsep Arsitektur Ramah Anak pada Desain Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif

Ratriana Said Bunawardi, Andi Ola Wikramiwardana, Suci Qadriana Ramadhani, Antarissubhi Said

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif merupakan pendidikan anak usia dini yang dijalankan dengan cara memenuhi kebutuhan dasar anak yang beragam dan saling terkait secara sistematis, simultan, dan terintegrasi. Pendidikan anak usia dini seharusnya dilaksanakan secara holistik dan terpadu, meliputi pendidikan, kesehatan, gizi, pengasuhan dan perlindungan, serta harus didesain dengan bangunan yang ramah anak dari segi keamanan dan kenyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan PAUD secara Holistik Integratif di kabupaten Sengkang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi lapangan dan studi literatur kemudian di analisis dengan data sintesis dan menjadi sebuah konsep desain. Berdasarkan hasil survey, sebanyak 32 gedung PAUD yang terdaftar di kota Sengkang, rata-rata memiliki fasilitas untuk pendidikan dan kebutuhan bermain tetapi belum sampai ke pelayanan secara holistik integratif. Hasil penelitian berupa konsep desain grafis gedung PAUD yang terintegrasi holistik, ramah terhadap anak-anak, dapat menjadi wadah yang menarik bagi anak untuk berkegiatan danĀ  menunjang tumbuh kembang anak. Konsep yang temukan ini diharapkan dapat diterapkan pada fasilitas PAUD di daerah lain.


Keywords


Desain Ramah Anak, Holistik Integratif, Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


O. Permatasari, S. Setyaasih, E. Nuraeni, and H. Muhaimin, "Peran Perempuan Dalam Membangun SDM Indonesia Membangun Sinergitas Di Era Pandemi," in Prosiding Seminar Nasional & Callfor Paper" Peran Perempuan Sebagai Pahlawan di Era Pandemi" PSGESILPPM UWP, vol. 8, no. 1, 2021, pp. 80-85.

M. Ulfa and E. Munastiwi, "Analisis perencanaan dalam manajemen pendirian lembaga pendidikan anak usia dini," LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 1, pp. 26-37, 2020.

E. Sugian, F. Fahruddin, and A. H. Witono, "Implementasi Program Pengembangan PAUD "Holistik Integratif'di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram," Jurnal Ilmiah Mandala Education, vol. 7, no. 3, 2021.

K. Hajati, "Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat," Indonesian Journal of Educational Science (IJES), vol. 1, no. 1, pp. 17-24,2018.

L. Asmawati, A. Karyati, U. Azmi, M. Maryana, M. Masniah, S. Badriah, and I. Isnayati, "Implementasi Layanan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif pada Anak Usia 4-6 Tahun," Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 284-291, 2022.

M. F. M. Angkur and M. Fatima, "Penerapan Layanan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4287-4296, 2022.

S. A. Fittryati, "Perancangan sekolah pendidikan anak usia dini (paud) di Sidoarjo dengan pendekatan arsitektur ramah anak menurut permendikbud no. 137 tahun 2014," Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.

W. Jumiati et al., "Penguatan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Global," Jurnal Kajian Gender Dan Anak, vol. 5, no. 2, pp. 129-150, 2021.

F. D. Ningsih, N. Nasirun, Y. Yulidesni et al., "Pelaksanaan Program Parenting di Lembaga Paud Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan," Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 3, no. 2, pp. 99-104, 2018.

S. Candra, "Pelaksanaan Parenting bagi Orang Tua Sibuk dan Pengaruhnya bagi Perkembangan Anak Usia Dini," ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 5, no. 2, pp. 267-287, 2018.

U. Hasanah, "Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini," Jurnal pendidikan anak, vol. 5, no. 1, 2016.

I. W. Sutama, W. Astuti, and N. Anisa, "E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital," Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 3, pp. 449-456, 2021.

E. Sarinastitin, "Pendidikan Holistik Integratif Dan Terpadu Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini," Early Childhood Education Journal of Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 11-17, 2019.

F. P. Anggraini, A. A. Mangunwibawa, L. Koesoemawardhani, N. Nasrudin, D. Fiktriani, L. Margiyani, N. Rengganis, M. Rahardjo, I. Yuliantina, and R. Maizura, "Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas," Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, vol. 1, p. 79, 2022.

A. S. Nuswantari, A. Marlina, and S. Samsudi, "Penerapan Konsep Ramah Anak Pada Taman Pintar Di Sukoharjo," Senthong, vol. 4, no. 1, 2021.

N. Basri and A. Rahman, "Taman Air Ramah Anak di Kota Pelaihari," LANTING JOURNAL OF

ARCHITECTURE, vol. 10, no. 1, pp. 263-270, 2021.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-linears.v6i2.12013

Copyright (c) 2023 Jurnal Linears

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Linears is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats