Optimalisasi Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Pandemi COVID-19 di Indonesia

M Wahyu Agani, Dewi Sekar Kencono

Abstract


Pandemi Covid-19 telah menyebabkan pemerintah menemui tantangan dalam melakukan tugas dan kewajibannya dalam pelayanan publik. Tantangan terutama karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan pelayanan publik terhambat. Demikian pula dengan kebijakan pembatasan aktivitas di kantor bagi seluruh pegawai termasuk Aparatur Sipil Negara dengan pemberlakuan bekerja dari rumah. Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi pertanyaan dalam tulisan ini yaitu bagaimana pengembangan model pelayanan elektronik dari sistem e-Government di era new normal? Ditemukan bahwa era new normal menuntut agar penggunaan media elektronik menjadi sarana utama pemerintah dan masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan. Peran pemerintah dalam menyelenggarakan pemerintahan di era pandemi membutuhkan inovasi di bidang layanan berbasis teknologi informasi kepada masyarakat serta perlu juga ditunjang dengan ketersediaan data yang valid dan otentik. Tersedianya data yang valid dan otentik, menjadi salah satu indikator utama dari kepuasan masyarakat terhadap pemerintah di era new normal. Selain itu, pelaksanaan e-Government harus mampu membentuk interaksi komunikasi antara elemen pemerintah pusat, daerah serta masyarakat melalui sistem elektronik berbasis informasi digital. Realitanya, pertukaran informasi melalui digital jauh lebih cepat dan efektif dilakukan daripada melakukan interaksi informasi melalui pelayanan tercetak. Selanjutnya setelah era new normal pelayanan melalui online masih dapat terus dilaksanakan sebagai wujud modernisasi pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat.

Kata Kunci: e-government, Covid-19, Pelayanan Publik


Keywords


e-government, Covid-19, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Abu-Shanab, E. A. (2020). E-government contribution to better performance by public sector. In Open Government: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (pp. 1-17). IGI Global.

Aprianty, D. R. (2016). Penerapan Kebijakan E-Government Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(4).

Alryalat, M. A. A., Rana, N. P., & Dwivedi, Y. K. (2020). Citizen's adoption of an E-Government system: Validating the extended theory of reasoned action (TRA). In Open government: Concepts, methodologies, tools, and applications (pp. 651-674). IGI Global.

Ali, M. A., Hoque, M. R., & Alam, K. (2018). An empirical investigation of the relationship between e-government development and the digital economy: the case of Asian countries. Journal of Knowledge Management.

Batara, E., Nurmandi, A., Warsito, T., & Pribadi, U. (2017). Are government employees adopting local e-government transformation? The need for having the right attitude, facilitating conditions and performance expectations. Transforming Government: People, Process and Policy.

Aminah, S., & Saksono, H. (2021). Digital transformation of the government: A case study in Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 272–288. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2021-3702-17

Anggoro, T. S., Purba, G. R. M., & Rahayu, H. (2024). Implementasi E-Government Sebagai Bentuk Perwujudan Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 4521–4535.

Anshori, M. F. (2020). Diplomasi Digital Sebagai Dampak Pandemi Global Covid-19: Studi Kasus Diplomasi Indonesia Di Perserikatan Bangsa-Bangsa (Pbb). Mandala: Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, 3(1), 100–119.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmawan, E. (2018). E-readiness Provinsi Kepulauan Riau dalam penerapan e-government (studi terhadap Kepri smart province). KEMUDI: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(1), 173–192.

Dijkzeul, D., & Moke, M. (2005). Public communication strategies of international humanitarian organizations. International Review of the Red Cross, 87(860), 673–691.

Fauziyyah, N., & Ersyafdi, I. R. (2021). Dampak covid-19 pada pasar saham di berbagai negara. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 23(1), 56–66.

Ferdiansyah, V., & Hidayat, D. (2014). E-Government: Study Fenomenologi Rw-Net Sebagai Pelayanan Publik Yang Transparan Dan Akuntabel Dengan Optimalisasi Fungsi E-Government Di Pemerintah Kota Bandung. J-IKA: Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 1(1), 1–13.

Hartanto, D., Dalle, J., Akrim, A., & Anisah, H. U. (2021). Perceived effectiveness of e-governance as an underlying mechanism between good governance and public trust: a case of Indonesia. Digital Policy, Regulation and Governance , 23(6), 598–616. https://doi.org/10.1108/DPRG-03-2021-0046

Irawan, B. (2017). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma (JP), 2(1), 174–201.

Kristensen, J. K., Bowen, M., Long, C., Mustapha, S., & Zrinski, U. (2019). PEFA, public financial management, and good governance. World Bank Publications.

Nababan, S. A., Sumantri, P., Tanjung, Y., & Hasudungan, A. N. (2022). Student’s Coaching During the Covid-19 Pandemic in the SMAN 1 Rupat: National Science Competition in 2021. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(2), 175–184.

Nugraha, J. T., Achmad, T., Warsono, H., & Yuniningsih, T. (2023). E-GOVERNMENT DALAM PERSPEKTIF PENGGUNA: Konsep, Teori, dan Perkembangannya. Stiletto Book.

Pratyaksa, I. G. T. (2019). Inter Culture Communication In The Life Of The Hindu In Mojokerto. Proceeding International Seminar (ICHECY), 1(1).

Prihartono, D. (2023). Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 14(2), 192–201.

Rapii, M., Jailani, H., & Utomo, D. P. (2022). Perekonomian Indonesia. CV Jejak (Jejak Publisher).

Rokhman, A. (2011). e-Government adoption in developing countries; the case of Indonesia. Journal of Emerging Trends in Computing and Information Sciences, 2(5).

Sabani, A., Deng, H., & Thai, V. V. (2018). A Conceptual Framework for the Adoption of E-Government in Indonesia. ACIS, 25.

Sabani, A., Farah, M. H., & Dewi, D. R. S. (2019). Indonesia in the spotlight: Combating corruption through ICT enabled governance. Procedia Computer Science, 161, 324–332.

Sijabat, R. (2020). Analysis of e-government services: A study of the adoption of electronic tax filing in Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 23(3), 179–197.

Sosiawan, E. A. (2015). Tantangan dan Hambatan dalam implementasi E-Government di Indonesia. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(5).

Syahputri, N. R., & Kusdarini, E. (2021). Implementation of Good Governance through E-Governance in Modern Law Countries during the Covid-19 Pandemic. Constitutionale, 2(2), 103–114.

Tasyah, A., Lestari, P. A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212–224.

Tauhid, N. N. (2018). Reformasi Birokrasi Melalui E-Government Dalam Sistem Informasi Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Bima. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 5(2), 110–124.

Ulum, M. C. (2018). Public Service: Tinjauan Teoretis dan Isu-Isu Strategis Pelayanan Publik. Universitas Brawijaya Press.

Usman, A., Mediaty, M., Khafifah, A., Ramadhan, M. A., & Randayo, W. A. G. P. (2022). Peranan Akuntansi Manajemen Dalam Pengambilan Keputusan Sebagai Bentuk Good Governance. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(2), 11–24.

Wibawa, S. (2009). Administrasi Negara Isu-isu Kontemporer.

Wirawan, V. (2020). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjgs.v4i1.6860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats