Strategi Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata Dalam Mengembangkan Objek Wisata Permandian Alam Lewaja Di Kabupaten Enrekang

Fatmawati Fatmawati, Ahmad Harakan, Hardianto Hawing

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Strategi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Dalam Mengembangkan Objek Wisata Permandian Alam Lewaja di Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah sekrataris dinas pemuda olahraga dan pariwisata Kabupaten Enrekang, bidang keuangan dispopar, bidang kasi sarana dan pariwisata selaku penanggung jawab wisata permandian alam lewaja serta penggunjung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian menujukkan bahwa Pengembangan objek wisata permandian alam lewaja diperlukan peran penting sumber daya manusia yang menjalankan aktivitas pengembangan. Proses pengembangan melakukan pelatihan dan pendidikan dengan cara membangun mitra dengan menghadirkan pemateri yang memiliki kapasatias pengetahuan tentang kepariwisataan. Anggaran dana yang dikeluarkan mencapai Rp.130.000.000 dari total anggaran Rp. 170.000.000  dari total disiapkan tahun 2020. Sisa dana tersebut akan terus dimaksimalkan hingga akhir tahun 2020. Wahana yang disediakan saat ini adalah kolam renang dan air terjun permandian alam lewaja hanya saja perlu memperhatikan kualitas air dan menjaga keberishan fasilitas serta perlunya penambahan waahana. Secara regulasi penerapan tidak begitu mengikat pengunjung dan bersifat fleksibel tetap harus memperhatikan keselamatan pengunjung.


Keywords


Strategi; Pengembangan; Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, F. (2013). Potensi Ekowisata dan Strategi Pengembagan Tahura Nipa-Nipa, Kota Kendari, Sulewesi Tenggara. Jurnal Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, 8–23.

Atiko, G., Sudrajat, R. H., Nasionalita, K., & Telkom, U. (2016). ANALISIS STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL OLEH KEMENTRIAN PARIWISATA RI (studi deskriptif pada akun Instagram @indtravel). E-Proceeding of Management, 3(2), 2349–2358.

Hutapea, B. O. (2017). Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Kawasan Wisata Muara Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara Tahun 2015. JOM Fisip, 4 (1).

Kristin, R., & Salam, R. (2016). Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pariwisata Alam dan Budaya di Kabupaten Tapanuli Utara. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 4(1), 79–96.

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.22

Melati, H. B. (2020). Regulation Implementation Effectiveness of Outdoors Users in Town Square of Bandung, Indonesia. Journal of Contemporary Governance and Public Policy, 1(2), 108–121. https://doi.org/10.46507/jcgpp.v1i2.7

Mustari, N. (2013). Implementasi Kebijakan Publik : Pemahaman Teoritis, Empiris. Membumi Publishing.

Nawawi, H. H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Salusu, J. (2003). Pengembalian Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi No Profit. Jakarta: Gramedia Widasarna Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Yogyakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjgs.v1i1.5002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats