Uji Kepraktisan Pengembangan Alat Peraga Untuk Siswa SMA Pada Konsep Sistem Respirasi
Abstract
Keywords: Props, respiratory system
Full Text:
PDFReferences
Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, dan Asesmen. Dalam A. Prihantoro (Ed.), Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Buchori, A., Setyawati, R.D., 2015. Development Learning Model Of Charactereducation Through E-Comic In Elementary School. International Journal of Education and Research, 3 (9), 5- 31.
Dharis Dwi Apriliyanti, dkk, 2015, “Pengembangan Alat Peraga IPA Terpadu Pada Tema Pemisahan Campuran untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains”, USEJ, 4 (2).
Taufiq, M., Dewi, N. R. & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science- Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (2), 140-145.
Dharis Dwi Apriliyanti, dkk, 2015, “Pengembangan Alat Peraga IPA Terpadu Pada Tema Pemisahan Campuran untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains”, USEJ, 4 (2).
Hidayati, A.N. 2015. Pengembangan Modul Quantum Learning Berbasis Islam-Sains dalam Pembelajaran IPA Materi Daur Air Kelas V di MI Al-Iman Tempel. Tesis Yogyakarta UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Nieveen. 1999. Prototyping to reach Product Quality. In jan van den akker. Design Ap- proaches and Tools in Education and Training (eds). Pp. 125-135. London: Kluwer Academic Publisher
Mastika, I.N., Adnyana, I.B.P., Gusti N Agung Setiawan. 2014. Analisis standarisasi Laboratorium Biologi dalam Proses Pembelajaran di Sma Negeri Kota Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (4), 10.
Pratiwi, D., Suratno, & Pujiastuti. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Edukasi UNEJ, (Online), Vol. 1, No. 2. https://jurnal.unej.ac.id/indeks.php/JEUJ/article/view/1392.
Purwaningsih, IY. 2014. Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Ilustratif Berbasis Pendekatan Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) Yang Mengembangkan Pendidikan
Putrawan, I. M. 2014. Konsep-Konsep Dasar Ekologi Dalam Berbagai Aktivitas Lingkungan. Bandung: Alfabeta.
Pratiwi, D. A. dkk. 2006. Biologi SMA Jilid 1 untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Taufiq, M., Dewi, N. R. & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science- Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (2), 140-145.
Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Menggunakan Pendekatan Humanistik Berbantu Alat Peraga Murah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), 2 (1), 76-82.
Saleh, H.I., Nurhayati, B., dan Jumadi, S. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba, Jurnal sainsmat, 1 (4), 7-13.
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.
Slamet, Juli Soemirat. 2009. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Soelarko, R. M. 1995. Audio Visual Media Komunikasi Ilmiah Pendidikan Peneragnan. Jakarta: Bina Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Karakter Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Untuk Kelas XI Semester I di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Suyanto, dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: E
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Biologi Education Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (e- ISSN: 2722-9335)