Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa
Abstract
Keywords: Cooperative, Jigsaw, learning outcomes, student activities
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. 2017. Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa.Jurnal Edureligia. 1(1).
Ana, H & Wakijo. 2017. Penggunaan Model Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. 5(2).
Khandy, G, S. A. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Virus SMA Negeri 3 Takalar. Makassar : Unismuh Makassar
Himawan, dkk. 2015. Model Pembelajaran : Sistem Perilaku Belajar Tuntas Berprogram Langsung Simulasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Inaningtyas, Y. I. 2014. Biologi Untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 Yang Disempurnakan Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Erlangga.
Jufri, A. W. 2013. Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Kusumawati, F & Rabiatul, A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidkan Hayati. Vol.5. no. 1. ISSN : 2443-3608
Lismaya, L. 2019. Berfikir Kritis dan PBL (Problem Beased Learning). Surabaya : Media Sahabat Cendekia
Norhasanah. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pembelajaran Biologi. VOL. 5 (1)
Octavia A. S. 2020. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta : PT Deepublish Publisher
Purnamaningrum, A, dkk. 2012. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif melalui problem based learning pada pembelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 3 Surakarta Tahun ajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi Vol. 4, No. 3.
Samsir, I, dkk. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar IPA TERPADU pada Siswa Kelas III SD Inpres Karunrung. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar
Sanjaya, F. (2019). Efektivitas Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII D Di SMPN 1 Pacet - Cianjur). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 3(1), 19.
Setiyani, T, R & Hernik, P. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Proceeding Biology EducationConference. Vol. 14 (1)
Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT Fajar Interpratama Mandiri
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&B. Bandung : Algabeta Sunandari, Hanna. 2015. Model-Model Pembelajaran Dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga. Vol. 2. No. 2
Syafaruddin, dkk. 2019. Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Jl. Rajawali : Deepublish
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini, M, Kaspul & Amalia, R. 2017. Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi menggunakan Model Inkuiri. Jurnal Pendidikan Biologi. ISSN : 2549 – 0605. Volume 11, No 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Biologi Education Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (e- ISSN: 2722-9335)