Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Menggunakan Media
Abstract
Keywords: Ambon, pictures, media
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2005. Undang-undang SIKDIKNAS 2003 (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika.
Arends, R.I. 2001. Learning to Teach. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, Syaiful Bahri dan A. Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Drost, S.J. 1998. Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.
Faiq, M. 2009. Model Pembelajaran Koperatif. http:model pembelajaran koperatif.html.
Haling, Abd. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM
Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibrahim. 2000. Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Mengajar. Bandung: Penebar Swadaya.
Karlina, Ina. 2004. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) sebagai Salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa. Diakses tanggal 4 November 2009.
Latuheru, J.D. 2002. Media Pembelajaran. Makassar: Makassar State University Press.
Lie, A. 2002. Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Nur, M. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press Surabaya.
Nurhayati. 2008. Strategi Pembelajaran Biologi. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.
Sadiman, A.S; R. Rahardjo; A. Haryono dan Rahardjito. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Sahabuddin. 2003. Mengajar dan Belajar: Dua Aspek Dari Suatu Proses Yang Disebut Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, R. 1995. Using Student Team Learning. Baltimore, johns Hopkins University, Centre for Research On Elementary and Middle School.internet
Sanjaya. 2006. Pembelajaran Dalam implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N. 2002. Penelitian proses belajar-mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wasis dan Sugeng. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Yusuf. 2004. Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi Melalui Pengajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Madrasah Aliyah Ponpes Nurul Haramain Lombok Barat NTB. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Biologi Education Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (e- ISSN: 2722-9335)