Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Ambon

Muhammad Rijal, Nina Y Mulyawati

Abstract


The teacher has a dual role as a teacher and educator in the learning process. The main task of the teacher as a teacher is to assist intellectual, effective and psychomotor development through imparting knowledge, problem solving, effective exercises and skills. And, teachers as educators help mature children psychologically, socially and morally. Apart from being teachers and educators, they also have responsibilities in learning activities so that teachers have a very large role in classroom management. This research is classroom action research with the stages of implementation including: planning, implementing, acting, reflecting, and evaluating repeatedly. The Team Assisted Individualization (TAI) type of cooperative learning model increases the learning activity of biology on the concept of the human movement system for class VIII students of SMP Negeri 14 Ambon. Cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI) improves learning outcomes of biology on the concept of the human movement system for class VIII SMP Negeri 14 Ambon

Keywords: tai, SMP Negeri 14, ambon

Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Fatmawati, Andi. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization (Tai) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi. FMIPA UNM Makassar

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jurusan Pendidikan dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Ibrahim, M, dkk, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Univesity Press.

Kalsum Ummi. 2007. Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIII IPA SMA Negeri 2 Makassar. Skripsi. FMIPA UNM. Makassar.

Krismanto, Al. 2003. Model–Model Pembelajaran Matematika SMP (Makalah Seminar). Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta

Mahdianah. 2003. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia pada siswa Kelas I SMA Negeri Campalagian. Skripsi. FMIPA UNM. Makassar.

Nursyamsia. 2007. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individuliatazion Terhadap Hasil Belajar Studi Pokok Bahasan Termokimia pada Siswa Kelas VIII IPA SMA Negeri Sungguminasa Gowa). Skripsi. FMIPA UNM .Makassar

Prawirohartono, dkk. 1997. Sains Biologi -2b. Jakarta: Bumi Aksara

Rini Rahmayani Syam. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapam Model Pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa Kelas X7 SMA Negeri 2 Makassar. Skripsi. FMIPA. UNM. Makassar

Sardiman, A.M. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Simatupang, Halim. 2007. Pendidikan. www.halimsimatupang.blogspot.com. Diakses 2 Februari 2008.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suherman, Erman. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. www.educare.e-fkipunla.net. Diakses 14 Juli 2008.

Syamsuri, dkk. 2004. Sains Biologi SMP 2. Jakarta: Erlangga

Tim Penyusun. 2005. Model-model Pengajaran dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widdiharto. 2004. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP (Makalah Seminar). Yogyakarta. Direktora Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Biologi Education Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (e- ISSN: 2722-9335)