Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Ambon
Abstract
Keywords: tai, SMP Negeri 14, ambon
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Fatmawati, Andi. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization (Tai) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi. FMIPA UNM Makassar
Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jurusan Pendidikan dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Ibrahim, M, dkk, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Univesity Press.
Kalsum Ummi. 2007. Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIII IPA SMA Negeri 2 Makassar. Skripsi. FMIPA UNM. Makassar.
Krismanto, Al. 2003. Model–Model Pembelajaran Matematika SMP (Makalah Seminar). Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta
Mahdianah. 2003. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia pada siswa Kelas I SMA Negeri Campalagian. Skripsi. FMIPA UNM. Makassar.
Nursyamsia. 2007. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individuliatazion Terhadap Hasil Belajar Studi Pokok Bahasan Termokimia pada Siswa Kelas VIII IPA SMA Negeri Sungguminasa Gowa). Skripsi. FMIPA UNM .Makassar
Prawirohartono, dkk. 1997. Sains Biologi -2b. Jakarta: Bumi Aksara
Rini Rahmayani Syam. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapam Model Pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa Kelas X7 SMA Negeri 2 Makassar. Skripsi. FMIPA. UNM. Makassar
Sardiman, A.M. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Simatupang, Halim. 2007. Pendidikan. www.halimsimatupang.blogspot.com. Diakses 2 Februari 2008.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suherman, Erman. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. www.educare.e-fkipunla.net. Diakses 14 Juli 2008.
Syamsuri, dkk. 2004. Sains Biologi SMP 2. Jakarta: Erlangga
Tim Penyusun. 2005. Model-model Pengajaran dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widdiharto. 2004. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP (Makalah Seminar). Yogyakarta. Direktora Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Biologi Education Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (e- ISSN: 2722-9335)