Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa
Abstract
Keywords: Cooperative, Jigsaw, learning outcomes, student activities
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Buchari, M. 2000. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.
Djamarah, S.B. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukkooperatiff. Cetakan Pertama. Jakarta: Rineka Cipta.
Firdaus. 1996. Efektivitas Strategi Tuntas dalam Pencapaian Hasil Belajar Biologi. Skripsi FMIPA UNM. Ujung Pandang.
Hardjodipuro, S. 1997. Action Research. Jakarta: IKIP Jakarta.
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Pusat Sains UNESA. Surabaya: University Press.
Johnson, D.W., Johson, R.T., dan Halubec, E.J. 1993. Cooperatife in the Classroom (6th Ed). Edina, MN. Interaction Book Company.
Kaharuddin. 1992. Peranan Penggunaan Paket Belajar terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN Cangadi Kabupaten Soppeng. Skripsi. FMIPA IKIP Ujung Pandang.
Lie, A. 2002. Cooperkooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.
Nur, M. 2000. Pengajaran berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktifis dalam Pengajaran. Pusat Studi Biologi dan IPA Sekolah: Universitas Negeri Surabaya.
Samsiah. 1999. Efektivitas Pemberian Tes Tanya Jawab pada Setiap Akhir Pertemuan terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa SMU Negeri 13. Skripsi. FMIPA IKIP Ujung Pandang.
Sudjana, N. 2001. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sudjana. 2003. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV.Alfabeta.
Suryabarata, S. 1983. Metodologi Penilitian. Jakarta: CV.Rajawali.
Suryosubroto, B. 1997. Strategi Belajar Mengajar di Sekolah. Edisi Pertama. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Biologi Education Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (e- ISSN: 2722-9335)