LITERASI FINANSIAL CERITA ANAK-ANAK PABRIK KARYA GOL A GONG DAN TIAS TATANKA
Abstract
Sastra anak selain memiliki fungsi hiburan juga memiliki fungsi Pendidikan di dalamnya. Karenanya dalam sastra anak diselipkan bentuk-bentuk pembelajaran, salah satunya pembelajaran tentang mengatur keuangan (Literasi Finansial). Pentingnya mengatur keuangan dipelajari sejak dini agar seseorang dapat memahami bagaimana mengelola keuangannya, seperti mempelajari tentang bagaimana membelanjakan keuangannya untuk hal yang diperlukan saja, pentingnya berbagi dengan orang yang membutuhkan, dan terhindar dari kejahatan finansial seperti investasi bodong yang sedang marak saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bentuk literasi finansial dalam cerita anak Anak-anak Pabrik karya Gol A Gong dan Tias Tatanka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini berupa buku cerita anak anak-anak pabrik karya Gol A Gong dan Tias Tatanka. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan terdapat bentuk literasi finansial berupa bentuk literasi finansial yang penting dipelajari oleh seseorang sejak dini yaitu transaksi ekonomi dan beragam jenis praktiknya, sumber daya ekonomi, Konsep belanja, konsep menyimpan, konsep berbagi, dan tidak terdapat bentuk konsep mengenai praktik tidak baik dan kejahatan finansial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnello, M. F., Laney, J. D., & Lucey, T. A. (2019). Grabbing a Tiger by the Tale: Using Stories to Teach Financial Literacy. The Social Studies, 110(5), 198–206. https://doi.org/10.1080/00377996.2019.1624944
Aryanto, S., Hartati, T., Maftuh, B., & Darmawan, D. (2022). Sastra Anak Berbasis Ecoprenuership Sebagai Muatan Pembelajaran Literasi Finansial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 722–737.
Bhushan, P., & Medury, Y. (2013). Financial Literacy and its Determinants. International Journal of Engineering, Business and Enterprise Applications (IJEBEA), 4(2), 155–160.
Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra, Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasinya. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Fannanie, Z. (2001). Telaah Sastra. Muhammadiyah Universitiy Press.
Fianto, F., Prismayani, R., Wijaya, N. I., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., Akbari, Q. S., & Adryansyah, N. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. In Gerakan Literasi Nasional.
Garbow, J., Jokela, R. H., Rudi, J., & Serido, J. (2019). Using American Indian Legends to Teach Youths Financial Literacy: Innovative Approaches to Cultural Adaptation. Journal of Extension, 57(1), n1.
Hayati, Y. (2016). REPRESENTASI GENDER DALAM SASTRA ANAK DI INDONESIA. FBS UNP.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118
Mursini. (2016). Apresiasi dan Pembelajaran Sastra Anak-anak. Ciptapustaka Media Perintis.
Puryanto, E. (2008). Konsumsi Anak dalam Teks Sastra di Sekolah. Makalah dalam Konferensi Internasional Kesusatraan XIX HISKI.
Wellek, R., & Werren, A. (2014). Teori Kesusastraan. PT Gramedia Pustaka Utama.
Winarni, R. (2014). Kajian Sastra Anak. Graha Ilmu.
Zakariyah, M. F., & Yulianingsih, W. (2020). Peran Forum Kampung Bahasa (FKB) dalam Pengembangan Literasi Finansial Masyarakat Desa Tulungrejo Pare-Kediri
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i2.9739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.