DISORGANISASI KELUARGA DALAM NOVEL SUARA HATI KARYA MELA SUKMAWATI: SEMIOTIKA PIERCE
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i1.8026Keywords:
Ikon, Indeks, Novel, Simbol.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna ikon, indeks, dan simbol berdasarkan pendekatan semiotika Pierce yang terdapat dalam novel Suara Hati karya Mela Sukmawati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan data berupa kutipan dalam novel dan sumber data berupa novel Suara Hati karya Mela Sukmawati. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga tahap teknik analisis data antara lain (1) mereduksi data; (2) menyajikan data; (3) penarikan simpulan dan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan: (1) Ikon menunjukkan hubungan yang bersifat mirip yang ditunjukkan oleh restoran sebagai representamen dari tempat, ikon bulan sebagai representamen dari latar waktu malam hari, dan ikon kampus sebagai representamen dari tempat; (2) Indeks menunjukkan hubungan sebab-akibat yang terjadi antara keluarga Zi dan keluarga Bi Aini; (3) Simbol menunjukkan kesepakatan (konvensi) dalam permasalahan keluarga Zi dan keluarga Bi Aini yang menyimbolkan bahwa perjodohan sebagai penanda menjodohkan, simbol bill sebagai penanda tagihan, simbol map biru sebagai penanda berkas laporan ayahnya Zi, simbol saksi bisu sebagai penanda saksi suatu kejadian atau peristiwa, simbol map merah sebagai penanda surat warisan nenek Arta, simbol sahabat-sahabat kecilnya sebagai penanda benda langit, dan simbol mentari pagi sebagai penanda matahari.
References
Ardia, V., Indriawan, I., & KN, J. (2020). Analisis Semiotika Iklan Gojek Versi “Cerdikiawan.” KAIS Kajian Ilmu Sosial, 1(2), 71–79.
Berger, A. A. (2015). Pengantar Semiotika. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Danesi, M. (2011). Signs, amd Meanings, a Basic Textbook in Semiotics and Communication Theory. Canadian School Press.
Fadhliyah, Z. (2021). Semiotika Ferdinan De Saussure Sebagai Metode Penafsiran Al-Qurïan: Kajian Teoritis. al-Afkar: Journal For Islamic Studies, 4(1), 109–122.
Hermawan, D., & Shandi,S. (2018). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 11–20.
Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.
Kadir, H., & Palilati, J. (2017). Ikonitas Perempuan Dalam Novel Grafis Embroideries Karya Marjane Satrapi. LITERA, 16(2), 318–329.
Kaelan. (2017). Filsafat Bahasa Semiotika dan Hermeneutika. Yogyakarta: Penerbit Paradigma.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia V. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Nazaruddin, K. (2015). Pengantar Semiotika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nurimba, Y. (2020). Pesan Moral dalam Iklan Televisi Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Rokok Apache Versi Hidup Gue Cara Gue. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.
Pradopo, R. D. (2018). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmawati, M. (2012). Suara Hati. Zettu.
Teeuw. (2003). Sastera dan Ilmu Sastera. Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya.
Wulandari, S., & Siregar, E. D. (2020). Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce: Relasi Trikotomi (Ikon, Indeks Dan Simbol) Dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(1), 29–41.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id