DISORGANISASI KELUARGA DALAM NOVEL SUARA HATI KARYA MELA SUKMAWATI: SEMIOTIKA PIERCE

Moulia Mahyu, Nurlaksana Eko Rusminto, Munaris Munaris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna ikon, indeks, dan simbol berdasarkan pendekatan semiotika Pierce yang terdapat dalam novel Suara Hati karya Mela Sukmawati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan data berupa kutipan dalam novel dan sumber data berupa novel Suara Hati karya Mela Sukmawati. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga tahap teknik analisis data antara lain (1) mereduksi data; (2) menyajikan data; (3) penarikan simpulan dan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan: (1) Ikon menunjukkan hubungan yang bersifat mirip yang ditunjukkan oleh restoran sebagai representamen dari tempat, ikon bulan sebagai representamen dari latar waktu malam hari, dan ikon kampus sebagai representamen dari tempat; (2) Indeks menunjukkan hubungan sebab-akibat yang terjadi antara keluarga Zi dan keluarga Bi Aini; (3) Simbol menunjukkan kesepakatan (konvensi) dalam permasalahan keluarga Zi dan keluarga Bi Aini yang menyimbolkan bahwa perjodohan sebagai penanda menjodohkan, simbol bill sebagai penanda tagihan, simbol map biru sebagai penanda berkas laporan ayahnya Zi, simbol saksi bisu sebagai penanda saksi suatu kejadian atau peristiwa, simbol map merah sebagai penanda surat warisan nenek Arta, simbol sahabat-sahabat kecilnya sebagai penanda benda langit, dan simbol mentari pagi sebagai penanda matahari.


Keywords


Ikon; Indeks; Novel; Simbol.

Full Text:

PDF

References


Ardia, V., Indriawan, I., & KN, J. (2020). Analisis Semiotika Iklan Gojek Versi “Cerdikiawan.” KAIS Kajian Ilmu Sosial, 1(2), 71–79.

Berger, A. A. (2015). Pengantar Semiotika. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Danesi, M. (2011). Signs, amd Meanings, a Basic Textbook in Semiotics and Communication Theory. Canadian School Press.

Fadhliyah, Z. (2021). Semiotika Ferdinan De Saussure Sebagai Metode Penafsiran Al-Qurïan: Kajian Teoritis. al-Afkar: Journal For Islamic Studies, 4(1), 109–122.

Hermawan, D., & Shandi,S. (2018). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 11–20.

Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Kadir, H., & Palilati, J. (2017). Ikonitas Perempuan Dalam Novel Grafis Embroideries Karya Marjane Satrapi. LITERA, 16(2), 318–329.

Kaelan. (2017). Filsafat Bahasa Semiotika dan Hermeneutika. Yogyakarta: Penerbit Paradigma.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia V. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nazaruddin, K. (2015). Pengantar Semiotika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurimba, Y. (2020). Pesan Moral dalam Iklan Televisi Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Rokok Apache Versi Hidup Gue Cara Gue. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.

Pradopo, R. D. (2018). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukmawati, M. (2012). Suara Hati. Zettu.

Teeuw. (2003). Sastera dan Ilmu Sastera. Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya.

Wulandari, S., & Siregar, E. D. (2020). Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce: Relasi Trikotomi (Ikon, Indeks Dan Simbol) Dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(1), 29–41.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i1.8026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.