Pengaruh Penggunaan Model Contextual Theaching And Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Iklan

Ira Gusti Putri Dwinanda Ira

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa belum terampil dalam menulis teks iklan. Kurangnya minat siswa dalam menulis teks iklan, siswa kurang memahami struktur yang ada dalam teks iklan. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks Iklan siswa sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Laeraning (CTL) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif sesudah menggunakan metode sesudah. Desain penelitian ini adalah One Group Postets Pretest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 yang berjumlah 25 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks Iklan sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Laeraning (CTL) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis teks iklan   siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung sebelum menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diperoleh nilai rata-rata hitung 71,81 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Kedua, kemampuan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diperoleh nilai rata-rata 77,52 dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil pengujian yang membuktikan bahwa t hitung> dari t tabel yaitu 6,67  1,71. Hal ini menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mempengaruhi kemampuan siswa di dalam menulis teks Iklan.

Keywords


Contextual Teaching And Learning (CTL); Menulis; Teks Iklan.

References


Agustia, Nori. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kapur IX Kabupatn 50 Kota. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Khusnaini, Nuri Luluk, dkk. 2017. “Pengaruh Iklan Terhadap Sikap Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang Pengguna Kartu Seluler Telkomsel 4G LTE Yang Pernah Melihat Iklan Telkomsel 4G LTE Versi “Nixia Gamer”). Jurnal Administrasi Bisnis, vol 47. No 2 Juni 2017.

Kosasih. 2016. Jenis-jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Sartika, Rina. 2015. “Hubungan Motivasi Belajar Dan Keaktifan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Padang”. Jurnal. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 1.

Sugiyono. 2014Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i2.5061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.