PERUBAHAN ALUR DARI FILM KE KOMIK PENDEKAR TONGKAT EMAS

Mita Ulfia Fauziah, Novi Diah Haryanti

Abstract


Film merupakan salah satu jenis karya sastra yang terus melegenda dan banyak disukai oleh lapisan masayarakat. Namun, dari beberapa film yang bermunculan hanya mengangkat cerita-cerita romantis, komedi, dan lain sebagainya. Akan tetapi, sulit sekali untuk menemukan film yang mengangkat pencak silat, biasanya film yang mengangkat pencak silat diangkat pada tahun 1990-an. Oleh karena itu, tahun 2014 Mira Lesmana dan Ifa Isfansyah mengangkat film pencak silat. Film tersebut berjudul Pendekar Tongkat Emas, tetapi seiring berjalannya waktu film tersebut mengalami transformasi atau alih wahana menjadi komik Pendekar Tongkat Emas karya Ragakusuma feat Alex Irzaqi. Transformasi tersebut mengalami perubahan dalam segi alur, sehingga alur cerita pada film ke komik mengalami perubahan. Tanpa adanya alur semua jalan cerita pada film atau pun komik tidak akan indah untuk dinikmati. Hal ini sangat berpengaruh karena alur merupakan bagian unsur intrinsik dan bagian yang terpenting dalam karya sastra. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan alur yang terjadi pada film ke komik sehingga mengubah karakter tokoh, jalan cerita, dan perubahan variatif. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode deskriptif dan sumber data yang diambil berasal dari artikel, jurnal, dan buku. Adapun hasil penelitian ini yaitu terjadi proses alih wahana pada film ke komik sehingga mengakibatkan perubahan alur dan perubahan ideologi.


Keywords


Film Pendekar Tongkat Emas, Komik, dan Perubahan Alur

References


Damono, Sapardi Djoko. 2018. Alih Wahana. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hundhana, Winda Dwi dan Mulasih. 2019. Metode Penelitian Sastra Teori dan Aplikas. Temanggung: Desa Pustaka Indonesia.

Irzaqi, Alex. 2014. Komik Pendekar Tongkat Emas. Jakarat: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maharsi, Indria. 2014. Komik dari Wayang Beber Sampai Komik Digital. Yogyakarta: Dwi Quantum.

Muhammad. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadha Mada University Press.

Surastina. 2018. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Elmatera.

Wahyuningsih, Sri. 2019. Film dan Dakwah. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Wardibudaya, Anugerah Kebudayaan Indonesia 2017 Ktegori Pencipta Pelopor dan Pmebaru: Ifa Isfansyah” , di https://kebudayaan.kemendikbud.go.id/ditwdb/profil-penerima-anugerah-kebudayaa-Indonesia-2017-kategori-pencipta-pelopor-pembaru-ifa-isfansyah/, diunduh pada tanggal 06 Januari 2020, pukul 20.00 WIB.

Riswan Suandi, Alex Iraqi, Komikus Sukses Indoensia Siap Debut Pertamanya di Jepang, diunduh pada website https://indogeek.com/alex-irazaqi-komikus-indonesia-debut-di-jepang/, pada hari Selasa, 07 Januari 2020, pukul 20.00 WIB

Milliyya, Pendekar Tongkat Emas: Sebuah Film Tentang Filosofi Hidup, diunduh pada website https://www.google.com/amp/iyyamalliya/pendekar-tongkat-emas-sebuah-film-filosofi-hidup_54f3908b745513902b6c7a16, pada tanggal 07 Januari 2019, pukul 10.57 WIB.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i1.4814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.